BUDIDAYA ANGGUR

BUDIDAYA ANGGUR

BUDIDAYA ANGGURBUDIDAYA ANGGUR

Menanam / budidaya anggur , Tanaman anggur adalah tanaman perdu merambat yang di manfaatkan buahnya untuk hidangan pencuci mulut setelah makan, untuk minuman yang diambil sari buahnya, kismis, minyak biji anggur ,dan masih banyak lagi.

Tanaman anggur tumbuh didataran rendah sampai tinggi hingga mencapai ketinggian 1200 meter dpl.Media tanah yang diperlukan adalah tanah lempung ,lempung berpasir , tanah putih, tanah vulkanik, tanah yang banyak mengandung bahan organic.Suhu udara 18 � 32 derajat Celsius, sinar matahari 8 jam perhari , curah hujan sedang, ph tanah 5,6- 7, serta drainase yang baik.

PENANAMAN ANGGUR

PERSIAPAN BIBIT ANGGUR

Pengadaan bibit anggur ada 2 cara yaitu cara generative (dari biji) dan vegetative (cangkok, stek, penyambungan ). Bibit yang akan ditanam harus dipilih yang berasal dari bibit vegetative (stek,cangkok, penyambungan), karena mempunyai kelebihan berbuah lebih awal dari pada bibit generative atau dari biji.

PERSIAPAN LAHAN

Lahan/ kebun dibersihkan dari rumput liar dengan dicangkul atau di semprot dengan herbisida . 2 minggu kemudian baru dikerjakan/ olah tanah, apabila pembersihan rumput liarmenggunakan herbisida , jika pembersihan rumput mengunakan cangkul , pengolahan tanah bisa langsung dikerjakan karena tidak ada efek kimia.

Untuk penanaman ,Buat lubang sedalam 50 cm ,diameter 35 cm, jarak lubang / jarak tanam 5 meter.Kemudian masukan bokashi setinggi 30 cm dan 20 gram obat anti hama( furadan),lalu kocor / siram dengan air sampai basah merata. Dan masukan bibit anggur yang telah di pilih kedalam lubang ,lalu timbun dengan tanah bercampur bokashi dan injak agar rapat kemudian siram/ kocor sampai basah merata. Kemudian pasang tajuk dan ikat dengan bibit anggur agar bibit tidak bergeser/ gerak.lalu pasang tali kawat dan dihubungkan dengan perambatan diatas yang telah disiapkan.

PERAWATAN TANAMAN ANGGUR

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati atau kurang sehat. Untuk penyiraman dilakukan tiap pagi dan sore apabila tanam di musim kemarau. penyiraman rutin dilakukan sampai tanaman umur 1 tahun.penyiraman / pengairan selanjutnya dilakukan 2 hari sekali dan apabila tanah terlihat kering.

Pembersihan gulma dilakukan 10 hari sekali atau apabila telah tumbuh.pembubunan / penimbunan tanah pada akar dilakukan 3 minggu sekali .

Perempelan dilakukan untuk mendapatkan batang yang baik dan menyeleksi cabang yang tidak sehat atau tidak diperlukan.perempelan dilakukan saat tanaman umur 1 th.

Pemupukan tanaman anggur dilakukan 2 tahap yaitu pemupukan usia pertumbuhan dan pemupukan saat tanaman usia dewasa.

1. Pemupukan usia pertumbuhan dilakukan pada saat tanaman berumur 0- 1tahun, yaitu pada usia tanaman 0 � 2.5 bulan pupuk yang diberikan jenis Urea / Npk 15 gram per batang tiap 10 hari sekali, Pada saat tanaman umur 2.5- 6 bulan pupuk yang diberikan jenis Urea / Npk 20 gram per tanaman. Kemudian pada umur tanaman 6- 12 bulan pupuk yang digunakan ZA / Npk 50 gram per batang. Cara pemupukan : dibuatkan parit melingkar kemudian pupuk disebar merata dan kemudian tutup dengan tanah.

2. Pemupukan saat tanaman usia dewasa yaitu 1 tahun keatas ,pemupukan dilakukan 15 hari sebelum perempelan ,pupuk yang diberikan SP 75 gram, Kcl/ Zk plus 90 gram,dan Npk /ZA 100 gram per batang dan ditambah bokasi 20-25 kg.Untuk pemupukan tahun ke 2 dosisnya dinaikan 2 x lipat dan seterusnya.

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN ANGGUR

Hama yang menyerang tanaman anggur antara lain: burung ,kalong , ulat daun , kutu putih,kumbang , cara pengendaliannya secara kimiawi , disemprot dengan insektisida bagaian daun yang di serangan hindari terkena buahnya dan dihentikan menjelang panen.
Penyakit yang menyerang antara lain: Busuk buah , Busuk hitam,Jamur,Phakospora vitis,Peronospora. Cara pengendalianya : semprot dengan fungisida bagaian yang terserang penyakit , dan hentikan 2 minggu sebelum masa petik.

PEMANENAN ANGGUR

Panen tanaman anggur dilakukan 90- 100 hari setelah pemangkasan dan tergantung varietas , iklim dan ketinggian dataran.Ciri buah yang siap dipanen yaitu:keadaan buah kenyal dan lunak ,buah mudah lepas dari tandannya,warna dalam 1 tandan telah merata.

 

Sumber: https://infinidb.org/firefox-segera-mendukung-vr/