Fungsi Pengukuhan PKP

Fungsi Pengukuhan PKP

–          Sebagai identitas PKP yang bersangkutan

–          Sebagai sarana pengawasan dalam melaksanakan hak dan kewajiban PKP di bidang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas barang mewah.

6.2.Tempat Pengukuhan PKP

Bagi pengusaha orang pribadi berkewajiban melaporkan usahanya pada Kantor Pelayanan Pajak atau Kantor Penyuluhandan Pengamatan Potensi Perpajakan yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal pengusaha dan tempat kegiatan usaha dilakukan. Sedangkan bagi pengusaha badan pada KPP atau KP4 yang wilayah kerjanya meliputi tempat kedudukan pengusaha dan tempat kegiatan usaha dilakukan. Jika pengusaha orang pribadi atau badan mempunyai tempat kegiatan usaha di beberapa tempat, wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai PKP baik KPP atau KP4 yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan usaha pengusaha ,aupun tempat kegiatan usaha dilakukan.

Kewajiban melaporkan untuk dikukuhkan menjadi PKP dibatasi jangka waktunya, karena hal berkaitan dengan saat pajak terutang dan kewajiban mengenakan pajak terutang. Jangka waktu melaporkan adalah selambat-lambatnya 1 (satu) bulan setelah saat usaha dimulai.

Sumber :

https://compatibleone.org/ini-camilan-dinosaurus-herbovira/