Cara Ketahui Bakat Musik Anak

Cara Ketahui Bakat Musik Anak

Cara simpel untuk mendeteksi bakat musik anak yakni menyaksikan perilaku mereka yang cepat merespon musik. Anak-anak memang menyenangi musik. Mereka dapat meresponnya melewati ketukan jari, goyangan kepala, atau menggoyangkan pinggang ketika mendegar irama musik. Bila masih ragu-ragu, kita dapat mengejar bakat musik anak dengan 5 teknik berikut.

Miliki Bakat Musik tak Berarti Bersuara Merdu

Anak yang mempunyai bakat musik tak selamanya mempunyai suara yang merdu. Hal ini yang mesti dikenang para orang tua sebelum mendeteksi bakat musik si kecil. Kadang tidak sedikit orang yang mengetahui bahwa berbakat dalam musik berarti mempunyai suara merdu. Padahal dunia musik paling luas cakupannya. Memang terdapat anak-anak yang dikaruniai suara merdu sekaligus keterampilan musikalitas yang tinggi.

Untuk menjadi seorang komposer atau pianis hebat, seseorang tak butuh mempunyai suara merdu. Cukup paham terhadap notasi dan piawai mengelola buaian nada saja untuk membuat sebuah karya yang bagus. Bila anak kita tak mempunyai suara merdu tidak boleh anggap ia tak berbakat. Bisa saja, ia malah piawai memainkan sejumlah alat musik sekaligus.

Lakukan Tes Nada

Anak-anak yang mempunyai bakat dalam bidang musik mempunyai kecenderungan guna menghafal nada di lagu tertentu. Dari sekian tidak sedikit lagu yang ia dengarkan, tentu ada di antara yang menjadi favoritnya.

Cobalah mainkan lagu kesayangan anak dengan nada yang keliru. Bila anak kita berbakat secara musikal, ia akan menyimak terdapat kekeliruan dalam lagu tersebut. kita juga dapat bermain tebak lagu dengan sang buah hati. Mainkan instrumen lagu tersebut. Bila ia cepat memprediksi judulnya, bisa jadi ia berbakat dalam bidang musik.

Berikan Alat Musik

Dorong anak guna memainkan perangkat musik. Mulailah dengan melakukan pembelian alat musik mainan laksana drum atau piano. Bila mereka terlihat merasakan dan terus memainkannya sekitar berhari-hari, bisa jadi ia tertarik pada dunia musik.

Untuk lebih meyakinkan, Anda bisa memainkan instrumen suatu lagu di piano. Bila ia dapat menangkap nada dan memainkannya pulang dengan benar, berarti bakat musik anak termasuk tinggi.

Memproduksi Musik Sendiri

Meskipun tidak dibekali perangkat musik, anak mempunyai talenta musik bisa memproduksi musik dengan alat-alat simpel di sekitarnya. Entah dari kombinasi kaleng susu dan sendok atau melulu sekedar membunyikan tas kresek. Mereka dapat lebih menikmati menciptakan musik sendiri daripada berkutat dengan gawainya.

Dengarkan pun musik yang ia buatan dengan mulutnya. Biasanya mereka yang mempunyai bakat musik bisa meniru sekian banyak bunyi. Mulai dari bunyi klakson mobil sampai bunyi air terjun. Mulai meramu musiknya sendiri pun turut memicu kreativitas anak.

Datangi Ahlinya

Sebagai orang tua yang masih awam, bisa jadi Anda belum dapat meyakinkan bakat musik anak meskipun telah mengerjakan cara-cara diatas. Anda dapat meminta pertolongan seorang profesional di bidang guna mengevaluasi keterampilan si kecil. Misalnya, mintalah evaluasi seorang guru musik atau pelatih paduan suara profesional. Bila terbukti anak kita mempunyai bakat musik, segeralah ikutkan kursus atau memasukan anak ke sekolah musik.


Baca Juga :