Masalah pokok ekonomi klasik.

Masalah pokok ekonomi klasik.

Masalah pokok ekonomi klasik.Masalah pokok ekonomi klasik.

Pada tahun 1870 berkembang teori ekonomi klasik yang dipelopori oleh Adam Smith. para penganut teori tersebut mengemukakan bahwa permasalahan ekonomi merupakan satu kesatuan proses yang terdiri dari proses produksi, distribusi, dan konsumsi. kesejahteraan/kemakmuran masyarakat dipengaruhi oleh :

  1. Kosumsi.

Setiap kebutuhan manusia atau masyarakat didesak oleh kebutuhan-kebutuhan atau keinginannya dalam menentukan jenis barang-barang dan jasa yang hendak digunakan atau dikonsumsi. Kosumsi adalah tindakan manusia yang mengurangi atau menghabiskan kegunaan/nilai/utility dari sesuatu barang. Setiap barang memiliki nilai guna atau utility. Utility adalah kemampuan suatu barang dapat memenuhi kebutuhan manusia.

  1. Produksi.

Masalah produksi berkaitan erat dengan produk (barang dan jasa) apa yang akan diproduksi, untuk siapa barang tersebut diproduksi, menggunakan tenaga kerja berapa. dalam kegiatan produksi, tidak terlepas dari cara penggunaan bahan mentah, peralatan (modal), tenaga kerja, dan teknologi yang menentukan kapasitas produksi atau kemampuan memproduksi barang dan jasa. Menurut Ace Partadiredja, produksi diartikan sebagai segala kegiatan untuk menciftakan dan menambah guna atas sesuatu benda, atau segala kegiatan yang ditunjukan untuk memuaskan orang lain melewati pertukaran. Sedangkan menurut Alfred marshal dalam bukunya principles of economics, menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan produksi adalah segala usaha yang menciftakan atau menaikkan nilai suatu barang-barang. Dan menurut Hidarsah menyatakan “produksi adalah semua tindakan untuk menambah faedah dengan bantuan faktor-faktor produksi yang kekurangan, dengan maksud untuk dipertukarkan. Sepaham dengan uraian diatas maka definisi produksiyang dikemukakan Jr. Hicks dalam bukunya The Social Frame Work yang paling tepat, yaitu produksi adalah setiap usaha/ kegiatan yang ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan orang dengan jalan pertukatran.

 

RECENT POSTS