Kelangkaan

Kelangkaan

KelangkaanKelangkaan

Alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas atau langka (scarcity). Terbatas dalam arti jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan manusia sendiri yang memiliki sifat yang tidak terbatas banyak dan besarnya. Pada kenyataannya perkembangan jumlahnya selalun kalah disbanding perkembangan kebutuhan manusia.

  1. Masalah pokok ekonomi

masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Jadi, semakin banyak kita memiliki harapan, semakin banyak pula harapan yang mungkin tidak terkabul. Hal tersebut yang biasanya akan menimbulkan masalah. Begitu juga secara ekonomi. Manusia secara alami memiliki banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, namun di sisi lain alat pemuas kebutuhan tersebut sangat terbatas. Dari kesenjangan itulah kemudian timbul masalah ekonomi.Masalah ekonomi adalah kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhannya terbatas. Masalah pokok ekonomi terbagi menjadi dua yaitu:

  1. Masalah pokok ekonomi modern

Masalah ini timbul karena adanya kelangkaan  dan maslah pemilihan atas penggunaan sumber-sumber produktif untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tiisak terbatas itu. Masalah ekonomi yang fundamental di dalam masyarakat dikelompokkan dalam tiga pertanyaan, yaitu:

  1. What, barang apa yang harus dihasilkan dari sekian banyak alternative itu? Dan apakah di produksi untuk memenuhi kebutuhan sekarang atau untuk masa yang akan datang?
  2. How, melalui cara bagaimana brang-barnag akan dihasilkan? Siapa yang akan menghasilkan dan dengan sumber-sumber apa serta dengan teknologi yang bagaimana barang tersebut dihasilkan?
  3. For Whom,, untuk siapa barang-barang yang dihasilkan nantinya? Siapa yang akan menikmati dan merasakan manfaat dari barang dan jasa yang dihasilkan tersebu? Bagaimana sistem produksinya? Apakah sebagian kecil untuk orang kaya ataukah sebaliknya, atau dibagi rata?

 

Sumber :

https://multiply.co.id/bagaimana-kabar-program-1000-startup-kini/