andphone terhadap prestasi belajar siswa

andphone terhadap prestasi belajar siswa

Seiring berjalanya waktu, teknologi terus semakin canggih, orang-orang berbondong-bondong untuk terus berkarya menciptakan sebuah alat untuk memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya handphone. Handphone diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan komunikasi. Namun lama-kelamaan handphone menjadi gaya hidup khususnya remaja, bahkan ada beberapa yang beranggapan kalau tidak punya handphone tidak gaul. Tentu saja para remaja pastinya akan lebih mementingkan gaya hidup ketimbang belajar untuk masa depan. Merekan akan merengek kepada orang tua untuk dinelikan hp agar terlihat modern, tanpa mau mengerti keadaan ekonomi orangtuanya.

8

Handphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih. Tak bisa dipungkiri bahwa handphone memang punya beragam manfaat, tak hanya bagi orang kantoran atau orang dewasa lainnya, tapi juga bagi para pelajar.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak pula dampak-dampak negatif handphone yang merugikan para siswa.Teman-teman kelas 9h pasti banyak yang telah memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan di handphone, baik untuk kepentingan/tugas sekolah, berkomunikasi sesama teman,chatting, dan lain-lain.Namun apakah kalian menyadari bahwa fitur-fitur itu ada manfaat dan juga dampak negatifnya  terhadap presrasi belajar?

Berikut manfaat handphone bagi pelajar :

  • Sebagai alat komunikasi jarak jauh, handphone menjadi andalan siswa untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Hal ini bisa mempermudah siswa untuk mengkoordinasi teman-temannya bila ingin belajar kelompok atau mengerjakan tugas bersama.
  • Handphone diciptakan untuk memudahkan kehidupan, dan sudah terbukti bahwa hidup siswa pun memang cukup terbantu oleh keberadaan handphone.
    Misalnya, di luar jam sekolah, siswa bisa berkomunikasi dengan temannya untuk menanyakan materi tugas atau PR tanpa harus keluar rumah yang bisa menghabiskan banyak waktu.
  • Handphone bisa menyimpan suatu data dan mudah dibawa kemana-mana, ini tentu sangat berguna. Manfaat handphone bagi siswa berdasarkan hal ini misalnya siswa bisa mencatat materi pelajaran dan bisa menghapalnya di mana pun dan kapan pun.
    Contoh lain, siswa mencatat beberapa informasi penting dan menyimpannya dalam HP, misal pengumuman ujian, suatu materi yang ia lihat di sebuah buku di toko buku, dll.

 

Sumber :

https://manjakani.co.id/padi-ciherang-aromatik-inovasi-bioteknologi-dari-balitbang-pertanian/