Kehidupan Intelektual

Kehidupan Intelektual

Sekalipun Jazirah Arab, terutama Hijaz dan Najd, terpencil dari dunia luar, namun mereka memiliki daya intelektual yang sangat cerdas. Bukti dari kecerdasan mereka dapat dilihat pada berbagai peninggalan mereka, baik dalam bidang politik, ekonomi, dan social. Bukti kecerdasan akal mereka dalam ilmu pengetahuan antara lain:

  1. Ilmu astronomi. Bangsa Kaidan (Babilon)  adalah guru dunia bagi ilmu astronomi. Mereka telah menciptakan ilmu astronomi dan membina asas-asasnya. Pada waktu tentara Persia menyerbu negeri Babilon, sebagian besar dari mereka termasuk ahli ilmu astronomi mengungsi ke negeri-negeri Arab. Dari merekalah orang Arab mempelajari ilmu astronomi
  2. Ilmu meteorologi. Mereka menguasai ilmu cuaca dan ilmu iklim (meteorologi) yang dalam istilah mereka waktu itu disebut Al-anwa wa mahabburriyah atau istilah bahasa arab moderen disebut adh-dhawahirul jauwiyah.
  3. Ilmu mitologi. Ini semacam ilmu pengetahuan beberapa kemungkinan terjadinya peristiwa (seperti perang, damai, dan sebagainya), yang disarkan oada bintang-bintang. Seperti halnya orang-orang arab purba,maka merekapun menuhankan matahari, bulan, dan bintang-bintang. Atas pemberitahuan dari tuhannya mereka mengetahui sesuatu.
  4. Ilmu tenung. Ilmu tenung juga berkembang pada mereka, dan ilmu ini dibagi oleh bangsa Kaldan (Babilon) ke tanah Arab. Kemudian ilmu tenung berkembang sangat luas dalam kalangan mereka
  5. Ilmu thib (kedokteran). Ilmu thib ini berasal dari bangsa Kaldan (Babilon). Mereka mengadakan percobaan menyembuhkan orang-orang sakit di tepi jalan, kemudian merekan menanyakan kepada siapapun yang melalui jalan tersebut mengenai obatnya lalu dicatat. Dengan percobaaan terus menerus akhirnya mereka mendapat ilmu pengobatan bagi ornag sakit.
  6. Pada awalnya pengobatan dilakukan oleh tukang tenung, kemudian dukun (tabib) hingga akhirnya berkembang. Ilmu kedokteran dari bangsa babilon diambil oleh bangsa lain, termasuk oleh orang Arab, sehingga ilmu tersebut menjadi berkembang dikalangan bangsa arab.

Bahasa

Dalam bidang bahasa dan seni bahasa, bangsa Arab sebelum Islam sangat maju. Bahasa mereka sangat indah dan kaya. Syair-syair mereka sangat banyak. Dalam lingkungan mereka seorang penyair sangat dihormati. Setiap tahun di “pasar Ukaz” diadakan deklamasi sajak yang sangat luas. Hal tersebut terbukti dengan diadakannya beberapa kegiatan rutin antara lain:

RECENT POSTS