FILSAFAT PENDIDIKAN REALISME

FILSAFAT PENDIDIKAN REALISME

FILSAFAT PENDIDIKAN REALISME

FILSAFAT PENDIDIKAN REALISME

Merupakan aliran filsafat yang memiliki sistem pikiran bertentangan dengan sistem pikiran idealisme. Realisme adalah aliran filsafat yang berkeyakinan bahwa objek indera kita adalah riil atau sungguh-sungguh nyata adanya.

  1. Konsep Filsafat Umum
  2. Metafisika

Hakikat Realitas. Menurut para filsuf Realisme bahwa dunia terbuat dari sesuatu yang nyata, substansial dan material yang hadir dengan sendirinya (entity).

Hakikat Manusia. Manusia adalah bagian dari alam, pikiran (jiwa) adalah suatu organisme yang sangat rumit yang mampu berpikir.

  1. Epistemologi

Pengetahuan diperoleh manusia bersumber dari pengalaman dirinya. Para filsuf Realisme menganut prinsip independensi yang menyatakan bahwa pengetahuan manusia tentang realitas tidak dapat mengubah substansi atau esensi realitas. Realitas bersifat material dan nyata.

  1. Aksiologi

Menurut Edward J. Power (1982), bahwa tingkah laku manusia diatur oleh hukum alam, dan pada tingkat yang lebih rendah diuji melalui konvensi atau kebiasaan, dan adat istiadat didalam masyarakat.

  1. Implikasi terhadap Pendidikan
  2. Tujuan Pendidikan

Bertujuan agar para siswa dapat bertahan hidup di dunia yang bersifat alamiah, memperoleh keamanan dan hidup bahagia serta mampu melaksanakan tanggung jawab sosial.

  1. Kurikulum Pendidikan

Kurikulum pendidikan sebaiknya meliputi: (1) sains/ilmu pengetahuan alam dan matematika, (2) Ilmu kemanusiaan dan ilmu sosial, serta (3) nilai-nilai. Kurikulum yang baik diorganisasi menurut mata pelajaran dan berpusat pada materi pelajaran.

  1. Metode Pendidikan

Metode penyajian hendaknya bersifat logis dan psikologis. Pembiasaan merupakan metode utama yang diterima oleh para filsuf Realisme yang merupakan penganut Behaviorisme.

 

Sumber :

https://robinschone.com/insomnia-2-apk/