Analisa Kelompok

Table of Contents

Analisa Kelompok

Pengembangan sistem pendidikan tinggi keperawatan yang bemutu merupakan cara untuk menghasilkan tenaga keperawatan yang profesional dan memenuhi standar global. Menurut kelompok hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu lulusan pendidikan keperawatan sehingga mampu bersaing dengan dunia Internasional, seperti :

  1. Mutu SDM dan kurikulum dari institusi pendidikan yang perlu disesuaikan dengan standar yang baku.
  2. Semua Dosen dan staf pengajar di institusi pendidikan keperawatan perlu merubah bahasa pengantar dengan menggunakan bahasa inggris.
  3. Sebaiknya perlu menutup institusi keperawatan yang tidak berkualitas.
  4. Institusi harus dipimpin oleh seorang Leader dengan latar belakang pendidikan keperawatan.

Masalah lain yang sering muncul adalah ketika perawat sudah mau berubah dengan mampu mencapai jenjang pendidikan perawat spesialis dan bisa membuktikan mampu menjadi mitra seorang dokter, akan tetapi lingkungan kinerja perawat itu sendiri masih menerapkan paradigma lama bahwa perawat itu adalah pembantu dokter. Jadi tidak heran jika perawat yang telah dikatakan kompeten dan mampu untuk menjadi mitranya seorang dokter kembali menjadi pembantu dokter.

Untuk itu sangat perlu adanya perubahann perubahan itu akan lahir jika dimulai dari diri sendiri. Karena perawat merupakan role model dalam memberikan pelayanan kesehatan dan itu harus dimulai dari diri sendiri. Orang lain tidak akan bisa berubah atau kita tidak akan bisa merubahnya jika tidak dimulai dari diri sendiri.

Kesimpulan

Keperawatan merupakan suatu profesi yang memiliki organisasi profesi yang sangat bermanfaat dalam menetapkan standar praktek, pelayanan dan pendidikan keperawatan. Keperawatan sebagai sebuah profesi yang didalamnya terdapat Body of Knowledge yang jelas, memiliki dasar pendidikan yang kuat sehingga dapat dikembangkan setinggi-tingginya.

Masih banyak para perawat yang masih tidak percaya diri dengan berjalan membungkuk-bungkuk seperti orang ketakutan ketika berhadapan dengan dokter, semua itu adalah jelas merupakan kebiasaan dan kebudayaan yang sangat tidak produktif. Hal itu terjadi karena perawat tidak cukup percaya diri dengan ilmu yang sudah dimilikinya dan tidak ada kemauan dari diri sendiri untuk berubah.

            Untuk itu kita harus melakukan perubahan secara total dan berlaku sebagai mitra profesi dan bukan sebagai asisten atau pembantu bagi profesi lain. Hal tersebut merupakan dampak karena masih rendahnya pengetahuan perawat, masih belum menyeluruhnya keinginan untuk berubah, sehingga percaya diri perawat untuk dikatakan sebagai mitra dokter menjadi tidak ada.

Sumber: https://bengkelharga.com/cat-simulator-apk/