PENGERTIAN KOMUNISME

PENGERTIAN KOMUNISME

PENGERTIAN KOMUNISME

PENGERTIAN KOMUNISME

Komunisme adalah sebuah paham atau ideologi yang menekankan kepemilikan bersama atas alat-alat produksi (tanah, tenaga kerja, dan modal) sehingga terbentuk masyarakat yang makmur, dimana setiap orang dianggap sama tanpa ada perbedaan kelas. Dalam negara yang menganut sistem pemerintahan komunisme, setiap individu tunduk kepada kehendak partai, negara dan bangsa. Orang-orang yang menganut ideologi komunisme disebut dengan komunis. Komunisme merupakan musuh besar dari ideologi kapitalisme. Komunisme sering juga disebut dengan Marxisme karena orang yang memperkenalkannya adalah Karl Marx.

  1. CIRI – CIRI KOMUNISME

  1. Komunisme sifatnya atheis dengan berdasarkan kepada logik, sehingga mereka tidak mengimani keberadaan tuhan. Keberadaan Tuhan dan agama dianggap akan mempengaruhi masyarakatnya sehingga hal ini ditolak oleh komunis.
  2. Komunisme tidak memandang manusia sebagai individu, melainkan memandangnya sebagai masyarakat. Sehingga setiap orang dianggap sama, kerja keras dan usaha yang dilakukan seorang individu tidak akan membuatnya lebih unggul daripada individu lain.
  3. Semuanya adalah milik rakyat dan dikuasai oleh pemerintah. Artinya pemerintah memiliki kekuasaan tertinggi dalam paham komunisme.
  4. Dari segi politik, komunisme menganut sistem politik satu partai, yaitu partai komunis.
  5. Untuk mewujudkan paham komunisme tersebar, maka dibutuhkan pelenyapan dari paham kapitalisme dengan cara-cara revolusi. Selama masa revolusi, pemerintah dan diktator diperlukan untuk mencapai tujuannya.
  6. Komunisme merupakan paham yang menganggap bahwa revolusi harus dilakukan secara terus menerus sampai menguasai seluruh dunia.

. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMUNISME

  1. Kelebihan Komunisme
  • Semua orang dianggap sama, sehingga tidak ada yang merasa lebih unggul.
  • Lebih mudah mengendalikan pengangguran, inflasi, dan keburukan ekonomi. Hal ini dikarenakan pemerintah memiliki kekuasaan penuh dalam segalah hal.
  • Jarang terjadi krisis.
  1. Kekurangan Komunisme
  • Tidak adanya kepercayaan terhadap Tuhan.
  • Mengurangi motivasi individu untuk menjadi lebih baik, karena apapun usaha mereka, tetap saja kedudukannya akan sama dengan orang lain.
  • Monopoli oleh pemerintah dapat merugikan masyarakat.
  • Masyarakat tidak memiliki kebebasan.
  • Hak Asasi Manusia (HAM) tidak dihargai.

Baca Juga :