Keyakinan (assurance)

  1. Keyakinan (assurance)

Pengetahuan, kemampuan dan kesopanan pemberi jasa untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan terlihat dari :

  1. Pengetahuan dan kemampuan petugas menetapkan problematic pasien
  2. Ketrampilan petugas dalam bekerja
  3. Pelayanan yang sopan dan ramah.
  4. Jaminan keamanan pelayanan dan kepercayaan terhadap pelayanan.

Hasil penelitian yang dilakukan Agus Hufron (2008) dengan judul “Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Penumping Kota Surakarta” membuktikan bahwa memang ada hubungan yang positif dan bermakna antara persepsi pasien tentang keyakinan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Penumping. Hasil penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Irawati (2005) dengan judul “Hubungan antara komunikasi, sikap dan ketrampilan perawat dengan kepuasan pasien di RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta” yang menghasilkan kesimpulan bahwa ada korelasi antara ketrampilan perawat dengan tercapainya kepuasan pasien. Hal ini juga memberikan bukti sebagaimana yang diterangkan oleh Philip Kotler (1997) bahwa pengetahuan, kemampuan dan kesopanan pemberi jasa untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan yang berupa: pengetahuan dan kemampuan petugas kesehatan menetapkan problematic pasien, ketrampilan petugas dalam bekerja, pelayanan yang sopan dan ramah, serta jaminan keamanan pelayanan dan kepercayaan terhadap pelayanan akan berdampak pada tingkat kepuasan pasien.