istem Politik Indonesia

istem Politik Indonesia

Pembahasan masalah sistem politik meliputi dua masalah dan dua wilayah, yaitu: (1) Dua masalah tersebut adalah masalah tatanan atau mekanisme politik yang meliputi tugas, fungsi, kewenangan dan hubungan institusi-institusi politik; (2) Dua wilayah yang dibedakan dalam sistem politik adalah infrastruktur politik dan suprastruktur politik.

Selain itu, sistem kekuasaan dalam kehidupan bersama biasa dibedakan dalam tiga wilayah (domain), yaitu: (a) Negara (state); (b) Pasar (market); (c) Masyarakat (civil society).

Ketiganya harus seiring dan sejalan, sama-sama kuat dan sama-sama saling mengendalikan, tetapi tidak boleh saling mencampuri atau dicampuradukan. Jadi kalau dilihat dari sudut pembagian antara suprastruktur politik dan infrastruktur politik maka negara adalah wilayah suprastruktur politik sedangkan pasar dan masyarakat adalah wilayah infrastruktur politik. Kelembagaan politik tersebut, baik pada wilayah suprastruktur maupun infrastruktur harus dijalankan berdasarkan aturan hukum yang demokratis.

https://urbanescapesusa.com/midnight-calling-apk/