Prinsip Dasar Pengembangan Model

Prinsip Dasar Pengembangan Model

Prinsip-prinsip dasar pengembangan model adalah sebagai berikut :

  1. Elaborasi

Model dimulai dari yang sederhana sampai didapatkan model yang representatif.

  1. Analogi

Pengembangan menggunakan prisip-prinsip dan teori yang sudah dikenal luas.

  1. Dinamis

Pengembangannya  ada kemungkinan untuk bisa diulang.

  1. Contoh Model Pembelajaran PPKn SD

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar.Fungsi model pembelajaran adalah sebagai pedoman bagi perancang pengajaran dan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran sangat dipengaruhi oleh sifat dari materi yang akan diajarkan, tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut, serta tingkat kemampuan peserta didik.

Model-model Pembelajaran PKn di SD

Model-model pembelajaran PKn di SD menurut Fathurohhman (2012) adalah sebagai berikut.

  1. Model Pembelajaran Kontekstual

Pengertian model pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi pembelajaran yang diajarkan kepada siswa dengan keadaan nyata yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Trianto (2012) model pembelajaran CTL adalah suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara, dan tenaga kerja (US.Departement of Education the National School-to-work Office yang dikutif oleh blancbard, 2001).

Secara garis besar langkah-langkah penerapan CTL dalam kelas sebagai berikut:

  1. Kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menukan sendiri, dan mengonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya.
  2. Laksanakan sejauh mungkin kegiatan inkuiri untuk semua topik
  3. Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya
  4. Ciptakan masyarakat belajar (belajar dalam kelompok-kelompok)
  5. Hadirkan model sebagai contoh pembelajaran
  6. Lakukan refleksi di akhir pertemuan
  7. Lakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara

Dalam Pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kontekstual ada beberapa komponen yang dilibatkan dalam pembelajaran.Komponen-komponen CTL (contextual teaching and learning) tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kontrukstivisme

Dalam CTL, siswa mampu membangun pengetahuan berdasarkan pengalaman yang dialami dan diamati.

  1. Bertanya

Dalam CTL, siswa diharapkan mampu menumbuhkan rasa ingin tahu sehingga akan menjadikan siswa selalu bertanya terhadap hal-hal yang baru.

  1. Inkuiri

Dalam CTL, siswa dilatih untuk menemukan konsep yang dipelajari melalui proses belajar yang sistematis.

  1. Masyarakat belajar

Dalam CTL, siswa diharapkan mampu bekerjasama atau bertukar pikiran dengan orang lain yang tidak terbatas dalam proses pembelajaran.

  1. Pemodelan (Modelling)

CTL dapat memberikan pengalaman yang lebih nyata atau konkret kepada siswa. Melalui pemodelan ini akan menghindarkan siswa dari pengetahuan yang bersifat abstrak dan teoritis.