Tujuan Mempelajari Ilmu Pemerintahan

Tujuan Mempelajari Ilmu Pemerintahan

Tujuan Mempelajari Ilmu Pemerintahan

Tujuan Mempelajari Ilmu Pemerintahan

Secara umum tujuan mempelajari ilmu pemerintahan adalah agar dapat memahami teori-teori bentuk dan proses pemerintahan serta mampu menempatkan diri serta ikut berperan serta di dalam proses penyelenggaraan pemerintah.

Secara khusus tujuannya adalah untuk memperbanyak mencetak kader-kader pemerintahan yang mempunyai pendidikan ilmu pemerintahan dan ditambah dengan pengalaman dalam praktek (seperti tiap-tiap daerah mengirim calon dan dibiayai ke sekolah Akademi Pemerintahan dan institute ilmu pemerintahan serta ke STPDN).

  1. Paradigma Ilmu Pemerintahan

Paradigma adalah corak berpikir seeorang atau sekolmpok orang. Karena ilmu pengetahuan itu sifatnya nisbi.

Ilmu pengetahuan memang sangat terbatas kopetensinya. Bahwa yang disebut kebenaran ilmiah itu permasalahannya bersifat abstrak. Tetapi mutlak perlu dalam kehidupan ini, Inilah sebenarnya dalam revolusi ilmu pengetahuan tersebut muncul peran peradigma ilmu pengetahuan.

Dalam penggunaan yang lebih mantap, paradigma adalah model atau gejala yang diterima, dan aspek maknanya itu telah memungkinkan karena tidak memiliki kata yang lebih baik. Kemudian tidak lama lagi bahwa pengertian “Model” dan “Pola” yang memungkinkan pengambilan “Para digma” itu tidak sama benar dengan pengertian yang digunakan untuk mendifinisikan “Paradigma”

Ada beberapa paradigma ilmu pengetahuan yang dikatakan bukan dimensi waktu tetapi dalam dimensi ruang dalam arti pengelompokan sebagai berikut :

https://mitranet.co.id/us-army-survival-training-apk/