Ilmu pengetahuan sebagai cabang ilmu Fisika.

Ilmu pengetahuan sebagai cabang ilmu Fisika.

Plato menyatakan bahwa beneran sebagai realitas yang seharusnya mengikuti kenyataan. Jadi bila kita menafsirkan teori ini terjadi penundaan, perkosaan, perampokan dan lainnya, hal tersebut tidak seharusnya terjadi.

Dari pengalaman Plato menyaksikan gurunya Socrates dipaksa minum racun oleh pemerintah, sehingga Plato menyimpulkan pemerintah yang berkuasa adalah buruk karena baginya gurunya adalah orang yang paling bijak.

Pendapat Aristoteles (muridnya Plato) menyatakan bahwa kebenaran itu hanyalah subyektif sifatnya, oleh karena itu benar bagi satu pihak, tetapi tidak benar bagi pihak lain, karena pendapat dipengaruhi dan berbeda pada berbagai demensi ruang dan waktu. Dalam pemikirannya menyetujui perbudakan dan merendahkan arti kaum wanita. Ini dpengaruhi oleh budaya dan hukum alam.

Inilah pengalaman paradigma ilmu pengetahuan dari kajian filsafat yang dimulai dari pemikiran Theokrasi kemudian menjadi Rasionalisasi.

  1. b)Ilmu Pemerintahan sebagai cabang Ilmu Politik

Hampir seluruh daratan Eropa terutama di Negera AS, bahwa ilmu pemerintahan bersumber dan berasal dari ilmu politik, kemudian berkembang pelan-pelan menjadi yang berdiri sendiri.

Jadi munculnya disiplin ilmu pemerintahan di Eropa yang bersumber dari ilmu politik, dimulai dari adanya anggapan bahwa meningkatnya perhatian berbagai pihak akademisi, bentuk, efek dan faktor pemerintahan bertitik berat pada pengambilan kebijaksanaan pemerintah yang berusaha untuk menganalisa masalah kebijaksanaan pemerintah tersebut sebagai bagian dari berbagai proses dalam ilmu politik.

  1. c)Ilmu Pemerintahan dianggap sebagai Ilmu Administrasi Negera

Di Negara Anglo Sexon Ilmu Pemerintahan sebagai Ilmu Administrasi selama beberapa dasa warsa, karena memang sulit dicari perbedaannya diantara kedua disiplin ilmu tersebut.

Pada pertengahan abad ke-20 di AS lahir ilmu pemerintahan sebagai sebuah disiplin ilmu tersendiri yang mempelajari kinerja internal dari aparatur pemerintahan (pelopornya adalah Wondrow Wilson) dianggap sebagai Bapak Ilmu Pemerintahan dengan berbagai disiplin ilmu sosial lain, serta lebih banyak mengajurkan perlunya lebih banyak pemikiran bagi pemerintahan Negara.

Kemudian pencarian jati diri dari ilmu pemerintahan tersebut ditinggalkan, oleh karena ilmu pemerintahan dianggap hanya sebagai seni memerintah sehingga sehari-hari di AS orang tidak perlu menyebut Wilson Public Administration.

Sejalan dengan pendapat Frank J Goodnow bahwa fungsi pokok pemerintahan yang amat berbeda satu sama lain yaitu politik dan adminstrasi.

  1. d)Ilmu Pemerintahan sebagai Ilmu Pemerintahan

Ilmu pemerintahan adalah ilmu terapan, karena penggunaan dalam praktek, dalam hal hubungan antara yang memerintah (penguasa) dengan yang diperintah (rakyat). Dalam hal ini harus dibedakan anatara rakyat, masyarakat dan penduduk.

Menurut pendapat penulis pemerintahan hanyalah merupakan cabang dari suatu disiplin ilmu, sama dengan sebutan Ilmu ketatanegaraan Ilmu Administrasi yang dinamakan sebutan ilmu ketatanegaraan, Ilmu Adminstrasi yang dinamakan sebutan ilmu ketatanegaraan karena memiliki obyek material yang sama yaitu Negara. Yang membedak