Pengertin Keamanan Perbankan

vPengertin Keamanan Perbankan

Pengertin Keamanan Perbankan

vPengertin Keamanan Perbankan

Keamanan adalah keadaan bebas dari bahaya. Istilah ini bisa digunakan dengan hubungan kepada kejahatan, segala bentuk kecelakaan, dan lain-lain. Keamanan merupakan topik yang luas termasuk keamananan nasional terhadap serangan teroris, keamanan komputer terhadap hacker atau cracker, keamanan rumah terhadap maling dan penyelusup lainnya, keamanan finansial terhadap kehancuran ekonomi dan banyak situasi berhubungan lainnya.

Pengertian Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan

JADI, Security Bank atau Keamanan Bank adalah sistem protokol keamanan yang dibuat oleh bank untuk melindungi dan memelihara privasi dan keamanan nasabah pada saat mengunjungi situs bank tersebut maupun pada saat bertransaksi. Sehingga diharapkan dengan keamanan ini informasi maupun data yang dimiliki oleh nasabah dapat terlindungi dengan aman. Namun, seiring era teknologi yang semakin canggih akhir-akhir ini banyak terjadi lagi kasus pembobolan bank, diantaranya kasus pembobol rekening ATM, pencurian data nasabah, dan sebagainya. Oleh karena itu Bank Indonesia secara khusus telah meminta agar seluruh bank untuk meningkatkan atau meng-update sistem keamananya.
ADAPUN Jasa jasa yang diberikan oleh perbankan kepada masyarakat antara lain :

Jasa Setoran : setoran PDAM, Listrik, Telpon, Asuransi.

  1. Jasa Pembayaran : Pembayaran Gaji, Pensiun.
  2. Jasa Pengiriman Uang dalam negeri dan luar negeri (Transfer).
  3. Jasa Penagihan (Inkaso)
  4. Jasa Kliring.
  5. Jasa Penjualan dan Pembelian Mata Uang Asing.
  6. Jasa Penyimpanan Uang : Tabungan, Deposito.
  7. Jasa Penyimpanan Barang (Safety Box).
  8. Jasa Pinjaman Uang.
  9. Jasa Kartu Kredit.
  10. Jasa L/C  (Letter of Credit).
  11. Jasa Bank Garansi dan Referensi Bank.
  1. Sistem Keamanan Yang Baik

Berbagai layanan perbankan diberikan bank kepada nasabahnya demi kepuasan pelanggan. Salah satunya layanan yang mulai banyak diirik masyakarat ini adalah layanan internet banking. Dengan layanan ini,nasabah dapat melakukan berbagai macam transaksi perbankan dengan lebih mudah, hanya dengan koneksi internet semata. Hal ini mempermudah para nasabah, terutama mereka yang selalu sibuk dalam mengelola keuangan mereka. Penggunaan akses internet dalam layanan ini mengharuskan keamanan data selalu terjaga dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu layanan jenis ini menggunakan berbagai metode keamanan untuk menjaga privasi dan data nasabah. Pengamanan yang dilakukan biasanya meliputi penggunaan Secure Socked Layer(SSL), kriptografi, kunci public,dan digital signature. Para peretas telah menemukan cara menghadapi generasi terbaru perangkat keamanan perbankan online yang dimiliki bank. Setelah masuk ke situs nyata bank, pemegang rekening sebenarnya sedang ditipu tawaran pelatihan dalam ‘upgrade sistem keamanan’ baru ini.
Uang nasabah kemudian berpindah dari akun nasabah ke peretas. Parahnya, proses ini tersembunyi dari pengguna. Para ahli mengatakan, nasabah sebaiknya mengikuti aturan resmi bank untuk menggunakan antivirus terbaru dan berwaspada. Perangkat seperti PINSentry dari Barclays dan SecureKey dari HSBC yang memiliki bentuk menyerupai kalkulator akan meminta pengguna memasukkan kartu atau kode untuk membuat kunci unik setiap kali masuk rekening dan hanya berlaku selama 30 detik kemudian kunci unik ini tak lagi bisa digunakan.