Al-Jahiz, Ahli Biologi Muslim

Al-Jahiz, Ahli Biologi Muslim

Al-Jahiz, Ahli Biologi Muslim
Al-Jahiz, Ahli Biologi Muslim

Abu Uthman Amr ibn BAhr Al-Kinani Al-Fuqaimi Al-Basri adalah nama lengkap beliau. Dilahirkan di Irak pada tahun 781 M tepatnya di kota Basrah. Ialah ilmuwan muslim pertama yang mecetuskan ilmu evolusi. Jhon William Draper, ahli biologi Barat pernah mengatakan, “Teori evolusi yang dikembangkan umat Islam lebih jauh dari yang seharusnya kita lakukan. Para ahli biologi Muslim sampai meneliti berbagai hal tentang anorganik sierta mineral.

Beliaulah ahli biologi muslim yang berhasil menuliskan  kitab Ritab Al-Haywan (buku tentang binatang). Dalam kitabnya itu ia menuliskan tentang kuman, teori evolusi, adaptasi, dan psikologi binatang. Ia juga dikenal sebagai ahli biologi pertama yang mencatat perubahan hidup burung melalui migrasi.

Karirnya sebagai penulis ia mulai dengan menulis berbagai artikel ketiak ia masih di Basra. Sejak saat itulah ia menuklis sampai 200 buku semasa hidupnya.

Kitab-kitab lain yang ditulisnya selainya Al-Haywan adalah:

– Kitab Al-Bayan wa Al-Tabyin (The Book of Eloquence and Demonstration)

– Kitab Moufakharat Al-Jawari wal Ghilman (The Book of Dithyramb of Concubines and Ephebes)

– Risalat Mufahkarat Al-Sudan ‘Ala Al-Bidan (Superiority of The Blacks to THe Whites)

Ia meninggal dunia pada tahun 869 M pada usia 93 tahun ketika memilih untuk menetap di Baghdad selama 50 tahun.

  1. Ar-Razi (Razhes),Ilmuwan Muslim Penemu Cacar dan Campak

Di Barat ia dikenal dengan nama Razhes, sementara nama asli beliau adalah Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar-Razi. Ia merupakan salah seorang pakar sains Iran yang hidup antara tahun 864 – 930 M. Ia dilahirkan di Rayy, Teheran pada tanggal 28 Agustus 865 M dan meninggal dunia pada tanggal 9 Oktober 925 M.

Ar-Razi muda mempelajari ilmu filsafat, kimia, matematika, dan kesastraan. Pada usianya yang ke-30 tahun, ia memutuskan untuk berhenti menekuni bidang kimia yang menyebabkan matanya menjadi cacat. Ini yang mendorongnya untuk mencari dokter yang bisa menyembuhkan matanya, dan dari sini pulalah ia mulai mempelajari ilmu kedokteran.

Ar-Razi adalah orang pertama yang membuat penjelasan seputar penyakit c

https://wisatalembang.co.id/stone-guest-apk/