PENGERTIAN AKUNTANSI BIAYA

PENGERTIAN AKUNTANSI BIAYA

PENGERTIAN AKUNTANSI BIAYA

PENGERTIAN AKUNTANSI BIAYA
PENGERTIAN AKUNTANSI BIAYA

Pengertian Biaya

Dalam arti sempit, biaya merupakan pengorbanan (disebut dengan harga pokok) untuk mendapatkan aktiva. Sedangkan dalam arti luas, biaya adalah pengorbanan (diukur dengan satuan uang) untuk tujuan tertentu perusahaan, baik pada masa sekarang maupun yang akan datang.
Dari definisi di atas, pengertian biaya mengandung unsur pokok sebagai berikut :
1)      Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi.
2)      Biaya dapat diukur dengan satuang uang.
3)      Biaya merupakan pengorbanan yang telah terjadi atau akan terjadi.
4)      Biaya merupakan pengorbanan yang mempunyai tujuan tertentu.
Biaya (cost) dan beban (expense) adalah dua hal yang berbeda. Biaya identik dengan pengorbanan untuk memproduksi barang atau jasa, misalnya : biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead. Sedangkan beban adalah segala jenis pengorbanan atau pengeluaran dalam rangka menciptakan atau mendapatkan penghasilan, misalnya beban iklan, beban serba-serbi dan beban listrik. Secara singkat, bisa dijelaskan bahwa biaya berpasangan dengan output sedangkan beban berpasangan dengan penghasilan atau pendapat. Bila pengorbanan tersebut tidak masuk ke dalam dua kelompok sebelumya, maka digolongkan sebagai kerugian atau loss.
Pada proses produksi, biaya operasional merupakan semua biaya yang dikeluarkan oleh pabrik dalam memproduksi barang, mulai dari awal sampai dengan barang tersebut siap dijual. Oleh karena itu, biaya produksi mencakup biaya langsung dan tidak langsung.

Pengertian Akuntansi Biaya

Proses pengolahan bahan baku menjadi produk jadi disebut proses produksi, sedangkan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjadi produk jadi disebut biaya produksi barang jadi. Biaya produksimeliputi biaya bahan bakubiaya tenaga kerja, dan biaya-biaya lain yang terjadi di pabrik (biaya overhead pabrik). Biaya yang terjadi tersebut perlu dikumpulkan untuk menentukan harga pokok produksi melalui proses akuntansi, yang disebut akuntansi biaya.
Akuntansi biaya merupakan bagian yang terintegrasi dengan akuntansi keuangan (financal accounting). Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang kegiatan utamanya ditujukan untuk menghitung biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan seperti, biaya umumbiaya administrasibiaya produksi, dan biaya-biaya lain.

Definini Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Beberapa defisini akuntansi biaya antara lain sebagai berikut :
  • Menurut Hendi Somantri (1994 : 11), akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan penyajian laporan mengenai transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya pembuatan dan penjualan produk, atau penyerahan jasa serta analisis dan penafsiran terhadap hasilnya.
  • Menurut Armanto Witjaksono (2006 : 1), akuntansi biaya dapat didefinisikan sebagai ilmu dan seni mencatat, mengakumulasikan, mengukur serta menyajikan informasi berkenaan dengan biaya dan beban.
  • Menurut Mulyadi (1994 : 6), akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringakasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk barang atau jasa dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya.

Jadi, akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya-biaya pembuatan produk, penjualan produk barang atau penyerahan jasa dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadap hasilnya. Akuntansi biaya dapat ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai di dalam perusahaan maupun pemakai di luar perusahaan. Sasaran akuntansi biaya adalah transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya secara umum. Tujuan akuntansi biaya ialah menyediakan informasi biaya untuk kepentingan manajemen.


Baca Juga :