Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Perut kembung terjadi karena adanya gas berlebih yg mengakibatkan rasa tidak nyaman. Hal ini bisa saja dialami sang siapapun & kapanpun. Oleh karenanya, kita harus tahu cara mengatasi perut kembung dan bahkan obat perut kembung.

Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri pada pada saluran pencernaan memicu terjadinya perut kembung. Seharusnya, gas-gas ini dimuntahkan, sehingga tidak menumpuk pada perut.

Beberapa orang umumnya akan berusaha menghilangkan gas berlebih berdasarkan pada tubuh dengan cara mengeluarkannya lewat buang angin atau bersendawa. Hal ini bisa membantu menjaga tekanan pada saluran usus agar permanen rendah.

Rata-homogen orang akan melepaskan gas melalui kentut atau sendawa sebanyak 14 kali pada sehari baik secara sadar ataupun nir sadar.

Penyebab perut kembung ini bisa beragam, misalnya adanya reaksi kimia berdasarkan kuliner eksklusif yang dikonsumsi sebagai akibatnya merangsang produksi gas berlebih di pada usus, atau dampak gangguan pencernaan lain contohnya sindrom iritasi usus & sembelit.

Jika disebabkan sang penyakit eksklusif umumnya menyebabkan perut kembung kronis. Ada banyak penyebab perut kembung lainnya, termasuk diet, sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, refluks, & sembelit.

Bagaimana cara mengobati perut kembung?

Jika rasa sakitnya mulai terganggu, segera cari tahu penyebabnya dan ikuti cara mengatasi perut kembung ini dia:

1. Hidrasi
Kembung adalah pertanda bahwa makanan nir dicerna menggunakan sahih sang tubuh. Kurangnya asupan air akan menyebabkan perut kembung berlebihan. Cara mengatasi perut kembung yg pertama merupakan menggunakan minum beberapa gelas air putih buat membantu dalam menjaga ekuilibrium natrium pada tubuh.

Pastikan Anda nir mengonsumsi minuman bersoda sebagai pengganti asupan air. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba menambahkan sedikit jeruk limau dan lada hitam yg dicampurkan ke air minum.

2. Kurangi asupan garam
Banyak cara yang mampu Anda lakukan buat mengurangi asupan garam. Pertama, utamakan untuk mengonsumsi kuliner segar ketimbang yg diproses. Banyak produk kuliner & butir segar yang rendah kandungan garam.

Beberapa contohnya misalnya daging segar jauh lebih rendah kandungan garam apabila dibandingkan menggunakan versi olahan misalnya ham, sosis dan hot dog. Kedua, periksa label kuliner dan pilih produk yang memiliki kandungan garam rendah.

Ketiga, hati-hati ketika Anda menentukan pengganti garam. Beberapa makanan yg tinggi kandungan potasium mungkin dapat membantu mengurangi beberapa kasus terkait konsumsi garam, tapi hal ini justru dapat mengakibatkan masalah dalam ginjal atau jantung.

Tiga. Hindari minuman cantik beralkohol
Waspadai jua konsumsi gula pengganti, misalnya – sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol, manitol, eritritol & hydrogenated starch hydrolysates (HSH) – yang cenderung menambah rasa kembung.

4. Batasi konsumsi susu
Produk-produk susu penuh dengan kandungan gula alami yg dianggap laktosa nyatanya bisa mengganggu proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Bila Anda termasuk laktosa intoleran, pastikan buat menghindari keju & yogurt karena bisa menyebabkan kram.

5. Batasi makan
Makan pada porsi kecil nir hanya bermanfaat pada membantu usaha penurunan berat badan, tetapi jua sanggup sebagai cara terbaik buat melawan perut kembung. Makanlah 4-6 kuliner kecil sehari & pastikan buat makan secara perlahan. Pada intinya, Anda tetap boleh makan banyak, namun perlu membatasi porsi untuk sekali makan.

6. Bergerak
Tak perlu repot mencari obat perut kembung lantaran Anda hanya perlu sedikit beranjak waktu perut terasa kembung. Jangan pernah melewatkan ketika latihan (olahraga), jika perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman.

Latihan adalah solusi yg telah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan lantaran membantu mengatur sistem tubuh.

Apabila Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami perkara kembung kronis dan dapat sebagai sesuatu yang serius misalnya penyakit celiac.

Baca Juga :