Analisis Keterampilan Manajer Keuangan

Analisis Keterampilan Manajer Keuangan

Analisis Keterampilan Manajer Keuangan

Manajer keuangan wajib mempunyai bekal keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya agar dapat terealisasi menggunakan baik. Dalam hal ini manajer harus memiliki tiga keterampilan menjadi berikut:

Keterampilan Konsepsional (Conceptual Skills)

Top manager harus memiliki keterampilan buat menciptakan konsep, pandangan baru, gagasan, dan saran buat kemajuan organisasi. Kemudian gagasan tadi dijabarkan menjadi suatu planning aktivitas yg konkret. Proses klasifikasi inspirasi menjadi planning rencana kerja dianggap menjadi proses perencanaan. Keterampilan konsepsional ini sangat diharapkan bagi manajer pada taraf-tingkat yang tinggi. Semakin tinggi tingkatan manajerial seseorang, maka semakin diperlukannya keterampilan ini.

Keterampilan Kemanusiaan (Human Skills)
Keterampilan kemanusiaan atau yg lebih populer dengan keterampilan berkomunikasi antar manusia (interpersonal skills) adalah keterampilan yg tak jarang diabaikan sang para manajer, terutama bagi para manajer yg baru naik jenjangnya pada organisasi. Keterampilan kemanusiaan ini sangat diharapkan buat menjaga interaksi baik menggunakan atasan eksklusif juga menggunakan bawahan. Dengan komunikasi yang persuasif akan membuat bawahan merasa dihargai & mereka akan bekerja lebih baik dan bersikap lebih terbuka pada atasannya. Keterampilan berkomunikasi ini dibutuhkan baik dalam strata manajemen atas, menengah, juga bawah.

Keterampilan Teknis (Technical Skills)
Keterampilan ini adalah bekal bagi para manajer dalam tingkat yg lebih rendah. Keterampilan teknis ini adalah kemampuan buat menjalankan suatu pekerjaan tertentu contohnya memperbaiki mesin, membuat kursi, menciptakan jadwal kerja dan keterampilan teknis lainnya.


Baca juga :