Ulasan: Dali’s IO-6 adalah pesaing baru untuk headphone peredam bising terbaik

Ulasan Dali's IO-6 adalah pesaing baru untuk headphone peredam bising terbaik

Ulasan: Dali’s IO-6 adalah pesaing baru untuk headphone peredam bising terbaik

 

Ulasan Dali's IO-6 adalah pesaing baru untuk headphone peredam bising terbaik
Ulasan Dali’s IO-6 adalah pesaing baru untuk headphone peredam bising terbaik

Selama bertahun-tahun, saya adalah salah satu audiophiles pemilih yang bersumpah mereka tidak akan pernah menggunakan headphone peredam bising untuk mendengarkan dengan serius. Model ANC awal (pembatalan bising aktif) menciptakan tekanan aneh di telinga Anda, menghasilkan bass yang booming, dan mematikan detail di posisi tertinggi. Hanya dalam satu atau dua tahun terakhir headphone ANC dari orang-orang seperti Sony dan Bose sudah cukup baik untuk mengubah pikiran saya. Jadi seharusnya tidak mengejutkan bahwa saya sedikit skeptis terhadap pendatang baru yang memasuki pasar.

Itulah yang saya rasakan ketika Dali, produsen speaker Denmark yang terhormat, menawarkan untuk membiarkan saya mencoba headphone IO-6 yang baru .

Perusahaan ini telah membangun speaker sejak tahun 1983, tetapi sebagian besar berfokus pada pasar Eropa, dan tidak pernah membuat headphone dalam bentuk apa pun sebelumnya (apalagi dari jenis peredam bising). Dan pada $ 500 sepasang ketika banyak pilihan besar mulai dari $ 300 atau $ 400, IO-6 lebih baik menjadi sangat baik.

Skeptisisme saya tidak beralasan. Iali-6 Dali menunjukkan kinerja yang kuat karena perusahaan berupaya untuk berekspansi ke pasar baru. Tidak hanya IO-6 yang memang sangat bagus, mereka mungkin menjadi headphone ANC favorit saya saat ini. Meskipun mereka tidak memiliki fitur pembunuh, headphone pertama Dali mendapatkan semua dasar-dasarnya dengan benar.

Desain dan Bangun
Dimulai dengan desain. Estetika bersifat subyektif, tetapi IO-6 adalah headphone yang cantik. Dengan aksen perak mereka, mereka menonjol lebih dari Sony WH-1000MX3 atau Bose’s 700, sementara karamel dan colorways hitam berfungsi sebagai pelengkap yang baik untuk sebagian besar pilihan mode saya (saya selalu bisa memilih lebih banyak warna, tetapi keduanya adalah awal yang baik ).

Beberapa alternatif mungkin terasa sedikit lebih mewah, seperti Bowers & Wilkins PX7, tetapi IO6 bukan bungkuk di departemen penampilan; Saya bahkan menerima beberapa pujian saat memakainya.

Selain itu, saya juga senang memakai IO-6 selama berjam-jam. Cangkir bundar menyediakan real estat dalam jumlah besar, sedangkan bantalan busa memori mewah, kulit vegan, dan desain kelas bulu membuat headphone tidak memberikan tekanan berlebihan pada piala kecil saya. Mungkin pujian terbaik yang bisa saya berikan pada penampilan dan kenyamanan IO-6 adalah setelah empat tahun bersama, ini adalah headphone besar pertama yang sepertinya ingin dipegang oleh pacar saya.

Dali juga mendapat poin di departemen kegunaan. Saya benci tren membuat semuanya sentuh-sensitif, jadi saya senang melihat tidak ada pada IO-6 – hanya tombol yang dapat diandalkan.

Ada beberapa hal yang secara diam-diam menyebalkan bahwa headphone Anda tidak merespons keran dan gesekan saat bepergian. Itu tidak pernah menjadi masalah dengan IO; cakram perak besar di earcup kanan sebenarnya adalah tombol besar yang berfungsi untuk mengontrol volume dan pemutaran. Ini berfungsi setiap saat, dan Anda tidak perlu khawatir headphone Anda tidak mencatat perintah saat mengenakan sarung tangan atau hujan.

Jika ada, disk tombol mungkin sebenarnya agak terlalu mudah untuk ditekan – saya kadang-kadang memutar musik secara tidak sengaja ketika saya mengenakan headphone di leher saya. Juga, ingatlah bahwa headphone juga tidak memiliki fitur jeda otomatis ketika Anda melepas headphone, yang menurut saya baik-baik saja karena saya telah menemukan fitur-fitur seperti itu untuk menciptakan lebih banyak masalah daripada nilainya tanpa gagal.

Beberapa catatan lain sebelum kita sampai ke suara sebenarnya:

Headphone tampaknya memiliki daya tahan baterai yang tidak pernah berakhir. Dali memberi nilai mereka pada 30 jam yang sudah mengesankan, tetapi saya telah menemukan mereka bisa pergi jauh lebih lama dengan ANC off, yang merupakan cara headphone dihidupkan secara default.
Mereka mengeluarkan sedikit suara untuk orang-orang di sekitar Anda.
IO-6 mengisi daya melalui USB-C, sebagaimana seharusnya. Pengisi daya ponsel dan pengisi daya laptop saya efektif dalam menghidupkan daya headphone.
Selain Bluetooth, Anda dapat menghubungkannya ke PC Anda melalui kabel headphone atau port USB-C selain Bluetooth. Koneksi USB langsung tampaknya memberikan kualitas suara terbaik.
Sayangnya, mikrofon tampaknya hanya berfungsi melalui Bluetooth, meskipun Windows akan mengenali IO6 sebagai memiliki mikrofon ketika Anda mencolokkannya melalui USB.
Anda dapat memanggil Google Assistant atau Siri dengan menekan agak lama pada tombol utama.
IO-6 tahan air IP53.
Mereka mendukung codec AptX HD dan AAC.
Headphone ini hadir dalam wadah kain semi-keras yang bagus dan mencakup kabel USB-C dan 3.5mm, serta adaptor pesawat.
Pembatalan bunyi dan kesan suara
Semua ini akan sia-sia jika suara dan peredam bising tidak bagus, tetapi IO6 berhasil memberikan kinerja akustik yang saya pikir tidak hanya menyaingi kompetisi peredam bising, tetapi juga beberapa headphone khusus.

Membatalkan kebisingan itu sendiri sangat efektif – di atas sana dengan 1000XM3s. Itu mengesankan bagi pendatang baru, dan sebagian besar karena seberapa baik isolasi pasif itu; earcup itu sendiri menciptakan segel yang cukup baik sehingga banyak pengguna secara jujur ​​mungkin tidak perlu menyalakan ANC sepanjang waktu.

Saya menemukan diri saya hanya menyalakannya ketika saya berada di lingkungan yang sangat bising seperti kereta bawah tanah. Secara umum, ANC bersinar ketika Anda perlu membatalkan kebisingan frekuensi rendah, seperti dengung AC Anda atau gemuruh pesawat, tetapi untuk semua yang lain, isolasi pasif sudah cukup. Di ujung lain dari spektrum, saya sering menggunakan mode transparansi headphone yang menggunakan mikrofon untuk memperkuat kebisingan luar, karena headphone sudah memblokir begitu banyak suara dengan noise cancelling off.

(Jika Anda tidak memerlukan pembatalan bising aktif, Anda mungkin ingin memeriksa Dali IO-4 , yang tidak memiliki pembatalan bising, tetapi biayanya $ 100 lebih murah dan menjanjikan masa pakai baterai 60 jam dengan biaya tambahan. Ulasan saya tentang mereka yang keluar segera.)

Apa pun mode yang Anda gunakan, IO-6 terdengar fantastis. Seperti, cukup bagus sehingga saya jarang merasa perlu menggunakan headphone khusus saya.

IO-6 adalah jenis headphone favorit saya – headphone yang tidak memberi tekanan pada bagian tertentu dari respons frekuensi dan sebaliknya berusaha untuk memberikan nada suara netral.

Berlawanan dengan beberapa cerita rakyat audiophile, ‘netral’ tidak berarti kekurangan bass; IO-6 akan memberikan tendangan yang cukup bila diperlukan tanpa menggembungkan sisa rentang frekuensi. Beberapa pengguna mungkin lebih suka keuletan, tetapi IO6 memberikan keseimbangan yang bagus di telinga saya, sehingga ada cukup bass di lagu-lagu hip-hop.

Isyarat spasial disajikan secara realistis, dan meskipun IO-6 tidak memiliki soundstage terluas yang pernah saya dengar pada sepasang headphone, mereka lebih baik daripada kebanyakan opsi peredam bising dan memiliki pencitraan yang tepat untuk mengikutinya. Ini dibantu oleh treble yang bagi saya tampaknya hanya sedikit maju; itu akan menekankan rincian di tertinggi meskipun tidak cukup untuk membesar-besarkan sibilants atau rekaman yang keras di telinga saya.

Secara subyektif, saya lebih suka nada suara mereka daripada Sony 1000XM3, yang merupakan juara pembatalan kebisingan saya sebelumnya. Bahkan, saya menemukan tuning mereka sangat mirip dengan salah satu headphone favorit saya sepanjang masa, Focal Clear seharga $ 1.500, kecuali dengan sedikit lebih banyak bass (hal yang bagus dalam buku saya!). Mengingat perbedaan harga, itu bukan pujian kecil.

Pengukuran
Kinerja IO-6 juga terbukti dalam respons frekuensi terukur mereka. Saya menggunakan Telinga MiniDSP untuk menangkap respons headphone. Meskipun ini bukan alat standar industri dan saya tidak akan membuat perbandingan untuk pengukuran dari sumber lain, EAR dapat berguna untuk tujuan komparatif terhadap headphone yang diukur pada rig yang sama. Ini membantu saya mengukur perbedaan nada relatif terhadap headphone lain di pasaran, karena kita dapat mengetahui banyak tentang suara headphone hanya dari respons frekuensi.

Di bawah ini, berwarna putih, adalah respons frekuensi IO-6, rata-rata dari tujuh pengukuran dari masing-masing earcup, dengan pembatalan bising aktif. Biru adalah Focal Clear dan merah adalah Sony WH-1000XM3. Ini adalah kedua headphone yang saya anggap cukup netral, tetapi di telinga saya Sonys memiliki terlalu banyak bass, sementara Focals memiliki terlalu sedikit.

(Walaupun mungkin sulit untuk menginterpretasikan pengukuran headphone, terutama pada posisi tertinggi, grafik di sini dikalibrasi sedemikian rupa sehingga garis flat-ish harus dianggap cukup netral oleh sebagian besar pendengar.)

Kita dapat melihat IO-6 memiliki respons yang disetel netral di seluruh bass dan midrange. Ada sedikit energi berlebih di level tertinggi, yang, seperti yang disebutkan sebelumnya, mungkin membuatnya terdengar agak cerah, tetapi tidak sampai keras pada telinga saya yang cukup sensitif. Anda dapat melihat kurva mengikuti Focal cukup dekat di tertinggi, mengarah ke nada suara netral-ish yang mungkin rambut yang cerah.

Anda dapat melihat IO-6 beroperasi tepat antara Sony dan Focal dalam jumlah bass, cocok dengan tayangan mendengarkan saya dan preferensi saya. IO-6 mungkin bukan pilihan terbaik jika Anda lebih suka suara yang lebih hangat, tanpa risiko akan terdengar cerah, tetapi mereka mewakili respons netral secara keseluruhan dengan jumlah bass dan mid yang tepat.

Yang mengatakan, seperti kebanyakan headphone tertutup, IO-6 membutuhkan segel yang tepat untuk terdengar

yang terbaik. Meskipun saya tidak mengalami banyak kesulitan untuk mendapatkan seal yang bagus berkat padding yang mewah, Anda dapat melihat bagaimana seal yang buruk akan menyebabkan drop-off bass yang curam di sub-bass:

Terakhir, berikut adalah bagaimana respons berubah tergantung pada apakah Anda menggunakan headphone dengan derau dan pembatalan bising, serta ketika headphone dimatikan dan Anda menghubungkannya melalui jack 3.5mm:

Respons dengan ANC aktif dan nonaktif sangat mirip, dengan sedikit energi bass saat pembatalan derau mati – dalam penggunaan di dunia nyata, suaranya hampir identik. Sementara itu mematikan headphone sama sekali dan hanya menggunakan jack 3,5mm memberi Anda banyak energi berlebih di sekitar 2KHz, yang akan cenderung membuat headphone terdengar terlalu maju dan mungkin sedikit berteriak. Jadi sementara mereka masih terdengar bagus dengan pemrosesan internal dinonaktifkan, Anda harus mengaktifkannya untuk mendapatkan hasil maksimal dari suara mereka.

Saya punya sedikit keluhan tentang Dali IO-6. Ya, ini lebih mahal daripada banyak pesaing, tidak ada aplikasi yang

tersedia untuk menyesuaikan suara, dan tombol utama agak terlalu mudah untuk diklik. Di atas kertas, mereka tidak mencoba membedakan diri mereka dengan fitur tertentu.

Tapi IO-6 mendapatkan semua dasar-dasarnya dengan benar. Tampilan, kenyamanan, baterai, peredam bising, kegunaan, dan kualitas suara adalah yang terbaik di kelasnya. Performa menyeluruh IO-6 berarti mereka sering menjadi headphone pertama yang saya raih, baik bepergian atau mendengarkan di rumah.

Singkat cerita: Dali menghentikan pendaratan. Tidak buruk untuk percobaan pertama.

Dali IO-6 tersedia dari Amazon dengan harga $ 499 . Jika Anda tidak memerlukan pembatalan bising aktif dan akan

senang dengan headphone yang hanya memblokir banyak kebisingan secara pasif, IO-4 memiliki kualitas suara yang hampir identik, menggandakan masa pakai baterai, dan hanya biaya $ 399.

Posting ini mengandung tautan afiliasi. Jika Anda membeli produk melalui salah satu tautan kami, kami mendapat potongan kecil dari pendapatan.

Sumber:

https://phpmag.net/jasa-penulis-artikel/