Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Bingung saat menentukan jurusan apa yang akan dipilih saat akan mengikuti SMPTN selalu terjadi setiap tahunnya terhadap siswa SMA yang baru  menamatkan sekolahnya. Dari sekian banyak pertimbangan untuk memilih, salah satunya adalah bagaimana peluang kerja dari lulusan jurusan yang kita pilih. Berikut ini saya coba sedikit memberikan informasi tentang pelung kerja berdasarkan yang saya tahu;

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Jurusan Informatika

Era digital yang semakin deras mengalir di millnenium ketiga ini membuat kebutuhan akan teknologi komputer semakin tinggi.  Teknologi komputer saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat modern, banyak hal dalam hidup kita yang telah diintegrasikan ke dalam sistem komputerisasi.  Misalnya sistem kelistrikan, sitem kependudukan, sintem komunikasi, sistem keamanan dan pertahanan dan yang paling besar ketergantungannya adalah sistem perdagangan dunia.  Kebutuhan orang-orang yang ahli dalam bidang ini seolah-olah bisa dikatakan hampir tidak terbatas.  Jadi jangan khawatir dengan persaingan kerja, yang perlu dipikirkan adalah persaingan untuk masuk ke jurusan informatika, terutama untuk universitas yang bergengsi.

Jurusan ini bisa mencakup tapi tidak terbatas pada jurusan teknik informatika (F. Teknik) dan sistem komputer (MIPA).

Jurusan Akuntansi

Akuntansi dulunya bernama tata buku, berhubungan dengan pencatatan keuangan.  Perkembangan dunia usaha dalam bidang apapun memerlukan pencatatan keuangan yang baik, dan lulusan akuntansi adalah orang-orang yang paling ahli dalam hal ini.Jurusa Hal ini menjadikan Akuntansi termasuk jurusan dengan peminat yang banyak, dan biasanya didominasi kaum hawa. Lulusan akuntasi biasanya paling banyak bekerja di bidang perbankan, jasa konsultan, dan perusahaan-perusahaan swasta.  Peluang menjadi pegawai negeri juga sangat banyak, bahkan mungkin yang paling banyak diperlukan pemerintah (karena pemerintah banyak masalah keuangan).

Jurusan Pendidikan

Pendidikan, seribu masalah yang masih terus mendera masyarakat Idonesia.  Mulai dari masalah minimnya fasilitas, biaya yang mahal, hingga ditataran kebijakan yang berubah setiap pemimpinnya berubah.

Jurusan pendidikan disini maksudnya adalah semua jurusan yang ada di bawah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Guru, adalah salah satu permasalahan yang masih sulit untuk di capai penyelesaiaannya. Jumlah guru yang masih sangat kurang, terutama di daerah-daerah terpencil membuat dunia pendidikan sulit untuk berkembang. Mengingat hal tersebut, lapangan kerja untuk menjadi guru masih sangat terbuka luas.  Tapi tetap, pikirkan peluang kamu untuk diterima di jurusan di universitas yang kamu tuju.

Pada dasarnya semua jurusan sangat baik prospeknya kedepan, tapi kembali kepada kita sendiri, konsisten dan pantang menyerah, selanjutnya serahkan pada Yang Maha Kuasa.

semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat bagi kita semua


Baca Juga :