Dunia sepenuhnya Berubah

Dunia sepenuhnya Berubah

Dunia sepenuhnya Berubah

Dunia sepenuhnya Berubah
Dunia sepenuhnya Berubah

Layaknya prakiraan cuaca, masa depan juga memiliki prakiraannya sendiri. Para pemrediksi ini disebut sebagai futuris – sama halnya dengan gitaris, ataupun pianis.
Menurut para futuris, dunia akan mengalami perubahan drastis di bidang teknologi. Akan seperti apa sih dunia di masa depan?

1. Hidup di Luar Angkasa
prediksi teknologi masa depan – ruang angkasa
Astronomis Carl Sagan bersama Viking Lander dalam eksaminasi pendaratan untuk Mars | Sumber: en.wikipedia.org
Semenjak menjadi terkenal dengan cosmonaut dan perjalanan ke bulan oleh Neil Armstrong, kehidupan di luar angkasa mulai bertransformasi dari kemungkinan menjadi kenyataan. Akhir-akhir ini, perjalanan luar angkasa menjadi tren perkembangan teknologi – dengan diluncurkannya Curiosity Rover ke tanah Mars, dan rencana diluncurkannya roket ruang angkasa terkuat sedunia, Space Launch System pada tahun 2017.
Bayangkan jika di sebuah lift, tombol-tombol yang kamu pencet bukan membawamu ke lantai lain, tapi planet lain. Menurut ilmuwan, hal ini akan menjadi kenyataan sekitar 40-50 tahun lagi. (Sumber: Space Elevator)
2. Komputer Super Kecil
prediksi teknologi masa depan – komputer kecil
Chip DARPA-TIMU yang besarnya hanya seperempat koin Amerika | Sumber: wikimedia.org
Tahukah kamu bahwa perusahaan-perusahaan teknologi raksasa seperti Intel, memiliki divisi sendiri untuk memrediksi teknologi di masa depan?
Seperti yang kita tahu, pada tahun 1940an, komputer dimulai dari kotak logam besar. Namun sekarang, komputer pun bisa genggam – ya, smartphone yang kita gunakan sehari-hari itu adalah wujud perkembangan dari komputer yang dulunya sebesar badan kita, tentunya dengan penyesuaian fungsi dan kebutuhan sumber daya.
Seorang pendiri Intel, Gordon E. Moore, pernah memrediksi bahwa setiap 2 tahun, jumlah transistor yang ada dalam suatu chip komputer akan bertambah dua kali lipat – dalam kata lain, komputer bertambah kecil menjadi setengahnya setiap 2 tahun.
3. Privasi Data
prediksi teknologi masa depan – privasi data
Privasi data menjadi perhatian saat ini | Sumber: pixabay.com

Mungkin inilah salah satu hal yang paling ditakutkan di masa depan. Sering tidak kita sadari bahwa data (foto, video, dokumen) yang kita upload ke internet itu tidak bisa sepenuhnya kita kendalikan. Dengan semakin pintarnya search engine seperti Google yang makin bisa menyajikan apa yang orang cari – privasi kita mungkin suatu saat akan ada di ambang batas, dimana semua informasi bisa dibeli.

4. Neurohacking
prediksi teknologi masa depan – neurohacking
Ekspresi seniman Nevit Dilmen tentang gelombang otak saat kita berpikir | Sumber: commons.wikimedia.org
Hampir sama dengan masalah privasi data di atas, neurohacking juga menjadi masalah privasi besar di masa depan. Menerjemahkan impuls listrik yang ada di otak kita menjadi ekspresi-ekspresi yang bisa diketahui orang lain adalah hal yang sedang dikembangkan. Sementara itu, coba kita bayangkan sejenak hal apalagi yang bisa kita rahasiakan – jika privasi data bisa dibeli, dan pikiran pun bisa dibaca.
Para ilmuwan di California dan Berkeley sedang mengembangkan cara untuk membaca pikiran seseorang. Beberapa tahun yang lalu, mungkin perkembangannya bisa diragukan – namun sekarang, perkembangannya menjadi sangat cepat. Sebuah website HowStuffWorks bahkan telah menjelaskan proses kerja otak secara simpel dan bisa dimengerti semua orang.
5. Unjuk Rasa Online
prediksi teknologi masa depan – unjuk rasa online
Bentuk unjuk rasa di masa depan bisa jadi sangat berbahaya | Sumber: wikimedia.org
Sebelum abad ke-21, generasi muda belum pernah menjadi sangat terhubung satu sama lain melalui komunikasi jarak jauh. Meskipun terlihat positif, hal ini bisa jadi memiliki dampak negatif yang lebih besar. Dengan perilaku generasi muda sekarang yang pemberontak, dan persebaran seks bebas yang tinggi, suatu saat – mungkin akan tiba saatnya dimana jumlah pengangguran meledak. Di saat itu, bisa terjadi pemberontakan dimana-mana, online maupun offline. Dan bisa jadi, pemberontaan online ini berwujud menjadi hackers yang akan sulit untuk dihentikan.

Itulah 5 dari banyak prediksi yang dilakukan oleh para futuris. Dengan 5 hal ini saja, dunia bisa menjadi sangat berbeda. Bagaimana menurutmu?

Sumber : https://nisachoi.blog.uns.ac.id/seva-mobil-bekas/