NEGARA TERMISKIN DI DUNIA MENURUT WORLD BANK

NEGARA TERMISKIN DI DUNIA MENURUT WORLD BANK

NEGARA TERMISKIN DI DUNIA MENURUT WORLD BANK

NEGARA TERMISKIN DI DUNIA MENURUT WORLD BANK

jika Indonesia sempat berada pada posisi negara berpendapatan rendah, di bawah ini merupakan contoh 5 negara termiskin yang disusun oleh World Bank dan bussinessinsider.com, berdasarkan data pada tahun 2017, yakni :

Negara termiskin pertama didudukin oleh negara Malawi, salah satu negara di benua Afrika dengan memiliki penduduk berjumlah 16 juta jiwa dan terbelakang di berbagai sektor. Kedua yakni ada Burundi, negara yang memiliki permasalahan serius terkait perang sipil karena perselisihan politik. Burundi juga memiliki Produk Domestik Bruto per kapita hanya sebesar $ 267,10.

Republik Afrika Tengah merupakan negara yang memiliki kondisi politik yang tidak stabil dan kerap terjadi perang sipil. Permasalahan ekonomi yang buruk menyebabkan Produk Domestik Bruto per kapitan hanya $ 333,20. Setelah kedudukan Republik Afrika Tengah, ada negara Nigeria yang menjadi salah satu negara paling terbelakang hingga hanya menghasilkan Produk Domestik Bruto per kapita sebesar $ 415,40.

Pada kedudukan kelima termiskin, ada negara Liberia selalu menghadapi perang sipil tak berkesudahan. Kondisi inilah yang menjadi penyebab utama perekonomian Liberia sangatlah buruk. Apalagi Liberia hanya mengandalkan industri pertanian untuk mendorong ekonominya. Hal ini membuat Produk Domestik Bruto per kapita Liberia sampai saat ini tercatat hanya sebesar $ 454,30.

Setelah Liberia, negara termiskin keenam adalah Madagaskar. Sepanjang hampir 20 tahun, kemakmuran atau standar hidup di negara kepulauan ini terus menurun secara signifikan. Populasi di Madagaskar lebih dari 20 juta jiwa, namun negara ini hanya memiliki Produk Domestik Bruto per kapita sebesar $ 463,00. Dan, hal yang cukup miris ada sekitar 70% penduduk di Madagaskar yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Kongo yang menjadi negara kedua terbesar di benua Afrika, juga tak lepas dari garis kemiskinan. Negara ini memiliki luas wilayah 2,35 juta kilometer per segi. Sebagian besar negara ini merupakan hutan. Untuk populasi penduduk di Kongo adalah sebanyak 77 juta jiwa. Negara ini juga diklaim memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah. Tetapi, karena permasalahan system politik yang korup membuat negara Kongo tidak kunjung mendapatkan keuntungan menjadi negara berpotensi kaya. Kongo memiliki Produk Domestik Bruto per kapita sebesar $ 484,20.

Negara ke delapan yang menjadi negara termiskin adalah Gambia. Negara Gambia merupakan salah satu negara terkecil di benua Afrika. Negara Gambia memiliki luas wilayah hanya 11.000 meter per segi dengan jumlah populasi penduduk sebesar 1,8 juta orang. Negara Gambia lebih banyak berpegang pada industri pertanian serta peternakan sebagai pendapatan terbesarnya. Tetapi, permasalahan iklim dan kondisi tanah yang kurang subur serta peran pemerintah yang rendah, membuatnya memiliki Produk Domestik Bruto per kapita sebesar $ 488,60.

Jika kamu memikirkan negara termiskin, pasti negara Ethiopia ada di dalam benak kan? Sejak lama negara Ethiopia memang sudah diidentikan dengan kemiskinan. Padahal, sebenarnya pada tahun 2007 negara Ethiopia telah memiliki perekonomian lebih baik daripada negara-negara sub-Sahara Afrika lainnya. Industri pertanian merupakan satu-satunya yang diharapkan. Namun, pemerintah kurang mendukung sehingga kurang dana dan karena hal itu, Ethiopia memiliki Produk Domestik Bruto per kapita sebesar $ 505.00.

Negara ke sepuluh yang malangnya menjadi negara termiskin di dunia adalah negara Guinea. Negara ini sempat mengalami ketidakstabilan dalam bidang ekonomi sejak tahun 1990an. Hal ini dikarenakan krisis sosial politik menjadi masalah utama untuk negara yang satu ini. Karena terus berlanjut, negara ini akhirnya terpuruk dalam angka kemiskinan. Hal ini diketahui dari Produk Domestik Bruto per kapita negara Guinea hanyalah di angka $ 523,10.


Baca Juga :