Gaya Magnet

Gaya Magnet

Table of Contents

Gaya Magnet

Gaya Magnet

  1. Gaya Lorentz

Gaya Lorentz adalah gaya yang dirasakan oleh partikel bermuatan yang berada didalam medan elektromagnet. Partikel tersebut akan merasakan gaya akibat medan listrik qE, dan akibat medan magnet qv × B.


  1. Gaya Magnet Akibat Partikel Bermuatan Listrik

Ketika sebuah partikel (proton atau elektron) bermuatan listrik bergerak melewati sebuah medan magnet, akan timbul sebuah gaya yang dirasakan oleh muatan itu. Gaya ini biasa disebut dengan gaya magnet. Gaya magnet merupakan besaran vektor, yaitu besaran yang memiliki nilai dan arah.


  1. Gaya Magnet Akibat Kawat Berarus Listrik

Selain ditimbulkan oleh adanya partikel yang melewati medan magnet, gaya magnet juga dapat ditimbulkan oleh kawat berarus listrik yang melewati medan magnet hubungan gaya magnet (Newton), medan magnet (Tesla), dan arus listrik (Ampere).


  1. Garis Gaya Magnet

Garis-garis gaya magnet adalah garis atau kurva imajiner yang digambarkan pada suatu ruang sehingga arah nilai tangen dari berbagai arah memiliki arah yang sama dengan arah vektor medan listrik pada titik tersebut. Pada elektromagnet, karena nilai positif dan negatif dari medan listrik terpolarisasi, maka saat magnet bekerja arah garis- garis gaya akan keluar dari arah yang sama menuju arah yang sama pula.


Berdasarkan perbandingan sifat garis gaya magnet pada elektromagnet diujikan pada magnet permanen, berdasarkan sifat gaya tarik menarik dan tolak menolak, ditentukan garis gaya magnet keluar dari kutub utara masuk ke kutub selatan. Kesepakatan ini mempermudah ilustrasi garis-garis gaya magnet.


Sumber: https://ppag.co.id/icewind-dale-apk/