Habitat dan Reproduksi Sub Filum Uniramia

Habitat dan Reproduksi Sub Filum Uniramia

Habitat dan Reproduksi Sub Filum Uniramia

Habitat dan Reproduksi Sub Filum Uniramia

Habitat

Hewan ini hidup didarat tempat, tempat gelap seperti di dalam gua, dan pada daerah yang lembab seperti pada dedaunan mati dan serasah kayu.


Sistem Peredaran Darah

Darah tidak berwarna merah karena tidak mengandung hemoglobin (Hb), melainkan hemosianin yang larut dalam plasma. Dari jantung darah dipompa ke dalam arteri ke tiap segmen, dan kembali ke jantung lewat hemosoel (rongga tubuh yang mengambil bagian dalam peredaran darah).


Reproduksi

Pada kelas diplopoda sudah dapat dibedakan jantan dan betina. Bukaan genital terletak pada segmen ketiga, dan pada jantan disertai oleh satu atau dua penis, yang paket setoran sperma ke gonopods. Pada wanita, membuka pori-pori genital ke ruang kecil, atau vulva, yang ditutupi oleh tudung kecil seperti penutup, dan digunakan untuk menyimpan sperma setelah sanggama.


Pertahanan diri

Kaki seribu tidak menggunakan sungut berbisa untuk melindungi diri dari musuh. Mekanisme pertahanan utamanya adalah menggulungkan diri. Tetapi ada juga yang memancarkan zat beracun berupa hydrogen sianida melalui pori-pori di sepanjang sisi tubuh. Zat ini mampu membakar eksoskeleton dari serangga kecil pengganggu seperti semut.


Makanan

Hewan kelas diplopoda bersifat herbifor, memakan dedaunan, maupun kayu-kayu yang membusuk. Hanya yang berukuran saja menggigit manusia tetapi hanya sebagai mekanisme pertahanan. Kebanyakan kaki seribu membusuk makan daun dan mati lain tanaman materi, pelembab makanan dengan cairan dan kemudian menggoreskan dalam dengan rahang.


Siklus Hidup

Kaki seribu jantan Kebanyakan dirancang secara khusus kaki seribu kawin dengan segmen tubuh ketujuh mereka, yang mereka gunakan untuk mentransfer sperma ke pembukaan kelamin perempuan. perempuan kemudian bertelur di tanah, di bawah kayu atau di antara serasah daun tergantung pada spesies. Yang baru menetas muda memiliki 3 sampai 4 pasang kaki tergantung pada spesies Segmen tubuh dan kaki ditambahkan dengan berturut moults saat mereka tumbuh sampai ukuran dewasa tercapai.


Klasifikasi

Taksonomi berdasarkan filogenetik Dipopoda dibagi dalam lima belas bangsa, namun yang akan di bahas hanya beberapa bangsa saja, pengellompokan luwing dilakukan berdasarkan urutan filogenetiknya.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/witches-legacy-apk/