Ciri Nyamuk Demam Berdarah (DBD) yang Harus Diwaspadai

Ciri Nyamuk Demam Berdarah (DBD) yang Harus Diwaspadai

Nyamuk Aedes aegypti adalah penyebab utama seseorang dapat terkena virus yang menyebabkan demam berdarah. Virus ini hanya ditularkan lewat gigitan nyamuk betina. Nyamuk ini merupakan type nyamuk yang membawa virus dengue. Selain virus dengue, nyamuk type ini terhitung membawa virus zika, chikungunya, dan demam kuning. Berikut ini adalah ciri-ciri nyamuk demam berdarah yang perlu Anda waspadai.

Ciri Nyamuk Demam Berdarah yang Mudah Dikenali
Sebelum mengenali ciri-ciri nyamuk DBD, demam berdarah dengue adalah tidak benar satu penyakit menular yang kerap kali jadi penyebab kematian pada anak. Saat seseorang telah terinfeksi virus, tanda-tanda yang dapat muncul pada tubuh adalah demam tinggi mendadak disertai pendarahan, menimbulkan syok, hingga berisiko menimbulkan kematian.

Berikut adalah sebagian ciri nyamuk demam berdarah, di antaranya:

Nyamuk type ini miliki badan kecil, warna hitam dengan bintik-bintik putih.
Aktivitas menggigit di mulai pada pagi hingga petang hari, dengan dua puncak aktivitas pada pukul 09.00-10.00 dan 16.00-17.00.
Bersarang dan bertelur di genangan air jernih, di dalam dan di kira-kira tempat tinggal bukan di got. Di dalam tempat tinggal layaknya bak mandi, vas bunga, daerah minum hewan peliharaan, dan lainnya.
Nyamuk betina dapat mengeluarkan telurnya di daerah yang agak gelap dan lembap untuk menunggu sistem pematangan telurnya. Setelah beristirahat dan sistem pematangan telur selesai, nyamuk betina dapat letakkan telurnya di air.
Nyamuk type tidak dapat berkembang biak di genangan air yang segera berhubungan dengan tanah.
Ciri-ciri nyamuk DBD dapat terbang sejauh 400 meter.
Pertumbuhan dan pertumbuhan berasal dari telur, larva, pupa hingga dewasa butuh sementara kurang lebih 7-14 hari.
Nyamuk Aedes aegypti jantan mengisap cairan tumbuhan atau sari bunga untuk selamanya hidup, sedangkan yang betina mengisap darah. Nyamuk betina lebih menyukai darah manusia daripada binatang (antropofilik).
Virus butuh 8-10 hari untuk merampungkan era inkubasi ekstrinsik berasal dari lambung.
Penyakit DBD dapat menyebar pada semua daerah terkecuali tempat-tempat dengan ketinggian 100 mtr. berasal dari permukaan laut, karena pada daerah yang tinggi dengan suhu yang rendah siklus pertumbuhan Aedes aegypti tidak sempurna.
Jumlah telur berasal dari nyamuk type ini dapat mencapai 100 buah dengan warna telur hitam dan ukuran umumnya 0,8 mm, serta dapat menetas setelah 2 hari terendam air bersih. Jika tidak ada air maka telur dapat tahan menunggu air selama 6 bulan.
Mencegah Gigitan Nyamuk Demam Berdarah
Setelah Anda paham ciri-ciri nyamuk DBD layaknya di atas, pencegahan terbaik yang dapat ditunaikan adalah dengan mencegah gigitan nyamuk yang terinfeksi, terutama terkecuali Anda tinggal atau bepergian ke daerah tropis. Beberapa cara lain yang dapat ditunaikan adalah:

Menggunakan obat nyamuk bakar, semprot atau elektrik.
Saat berada di luar ruangan, memakai kaus lengan panjang dan celana panjang.
Saat di dalam ruangan, memanfaatkan pendingin udara terkecuali tersedia.
Pastikan layar jendela dan pintu aman serta bebas berasal dari lubang. Jika daerah tidur tidak ditutup atau ber-AC, memanfaatkan kelambu.
Jika Anda miliki tanda-tanda demam berdarah, segera konsultasi dengan dokter.
Sementara untuk mengurangi populasi nyamuk, singkirkan daerah nyamuk untuk berkembang biak layaknya ban bekas, kaleng, atau pot bunga. Rutinlah ganti daerah air minum hewan peliharaan Anda

Jika seseorang di tempat tinggal terkena demam berdarah, segera lindungi diri dan anggota keluarga lain yang belum terkena berasal dari nyamuk. Bekas gigitan nyamuk demam berdarah yang menggigit anggota keluarga yang terinfeksi dapat menyebarkan infeksi ke orang lain.

Selain itu, tidak ada obat khusus untuk mengobati infeksi dengue. Jika Anda merasa menderita demam berdarah, Anda perlu memanfaatkan penghilang rasa sakit dengan asetaminofen, serta jauhi obat-obatan dengan aspirin, karena dapat memperburuk perdarahan.

Anda terhitung perlu beristirahat, minum banyak cairan, dan segera ke dokter terkecuali keadaan makin memburuk dalam 24 jam pertama.

Baca Juga :