Permainan Kelompok pada Bimbingan dan Konseling Kelompok

Permainan Kelompok pada Bimbingan dan Konseling Kelompok

Permainan Kelompok pada Bimbingan dan Konseling Kelompok

Permainan Kelompok pada Bimbingan dan Konseling Kelompok
Permainan Kelompok pada Bimbingan dan Konseling Kelompok
Salah satu kegiatan untuk menimbulkan dinamika dalam kelompok adalah adanya permaianan. Permaianan yang dilakukan dalam bimbingan kelompok yang praktikan laksanakan adalah permaian “Kata Berangkai” dan dalam konseling kelompok adalah “ Bisik berangkai” dengan prosedur :
1)   Permaian Bimbingan Kelompok “ Kata Berangkai “
Waktu                  : ± 10 menit
Kelompok            : Baik dilakukan dengan jumlah anggota 10 orang atau lebih namun bisa disesuaikan dengan keadaan jumlah anggota dalam kelompok yang pada waktu itu berjumlah  7 orang.
Fungsi permaiana  : melatih kecepatan berfikir, membentuk dinamika dalam keompok.
Peralatan              : Tidak ada peralatan yang digunkan hanya memerlukan arena bermaian.
Langkah bermaian
1.        Praktikan memberitau peserta tentang nama permainan yaitu “kata berangkai”.
2.        Praktika memberikan keterangan cara permainan yaitu permaian dilakukan dengan merangkai kata dengan merangkai huruf akhir dalam kata dibuat kata baru dengan contoh anak huruf terakhirnya “k” berarti kita merangkai kata yang berawalan “k” yaitu kadal dan seterusya. Dalam permaian bila ada anggota yang tidak bisa melanjutkan kata dalam waktu 5 detik di akhir acara diminta untuk menunjukan kebolehanya atau bakat dan hobi seperti menyanyi.menari,main musik dan lainya.
2)   Peraminan dalam konseling kelompok “ Bisik Berangkai “
Waktu                  : ± 10 menit
Kelompok            : Baik dilakukan dengan jumlah anggota 10 orang atau lebih namun bisa disesuaikan dengan keadaan jumlah anggota dalam kelompok yang pada waktu itu berjumlah  7 orang.
Fungsi                  : melatih kecepatan berfikir, daya ingat,konsentarasi,  dan mengetes pendengaran untuk ketepatan menjawab
Peralatan              : Tidak ada peralatan yang digunkan hanya memerlukan arena bermaian.
Langkah bermaian
1.      Praktikan memberitau peserta tentang nama permainan yaitu “Bisik berangkai”.
2.      Praktika memberikan keterangan cara permainan yaitu permaian dilakukan dengan cara membisikan suatu kata kemudian dilanjutkan membisikan kata kepada teman yang ada disampingnya. Dalam permaian bila ada anggota yang tidak bisa tepat menyebutkan kata yang telah dibisikan dalam waktu 5 detik di akhir acara diminta untuk menunjukan kebolehanya atau bakat dan hobi seperti menyanyi.menari,main musik dan lainya.