Magang Kerja Yuk Selagi Mahasiswa

Magang Kerja Yuk Selagi Mahasiswa

Magang Kerja Yuk Selagi Mahasiswa

Magang Kerja Yuk Selagi Mahasiswa
Magang Kerja Yuk Selagi Mahasiswa

Ternyata sudah lama juga saya tidak ngeblog, terakhir tulisan tentang “Donor Organ dan Aturan Hukumnya“ tercatat diposting bulan Oktober 2008. Maklum walaupun jadwal kuliah saya tidak lagi sepadat dulu, tapi ada banyak hal yang menyita pikiran. Bahkan ide untuk membuat tulisan pun entah kemana pergi meninggalkan diriku… hohoho 😆 Naah jadi mumpung lagi ada ide dan waktu untuk sedikit coret – coret, saya ingin berbagi pengalaman dan tips masih seputar dinamika kehidupan seorang mahasiswa *halah* :mrgreen:

Belajar dan mendalami suatu teori yang berkaitan dengan studi kita itu suatu keharusan, begitu pun dengan mempertahankan Indeks Prestasi agar dapat lulus dengan nilai yang baik. Namun apakah nilai yang tinggi menjamin seseorang untuk dapat bekerja dengan baik pula nantinya? Tentu saja tidak, bagaimana prakteknya nanti ketika bekerja itulah yang terpenting.

Bagi mahasiswa tingkat akhir, seringkali makin banyak waktu luang disamping harus mengerjakan tugas akhirnya sebelum kelulusan. Jadi manfaatkan kesempatan ini untuk mencari pengalaman di luar kegiatan akademis yang berguna bagi karier kita nantinya. Salah satunya dengan magang kerja disuatu perusahaan atau instansi. Karena dunia kerja adalah dunia yang akan kita masuki setelah lulus nanti.

interns-1

Lalu bagaimana caranya mengajukan lamaran magang? Apa saja yang persyaratan perlu dipersiapkan? Apa yang harus dilakukan ketika magang? Bagaimana laporan magang? Itulah yang ingin saya sampaikan melalui tulisan ini, menurut pengalaman pribadi saya :mrgreen:

Lamaran Magang

Ada kampus yang memang mensyaratkan magang kerja atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) kepada mahasiswanya, ada juga yang tidak. Beruntung bagi yang diwajibkan oleh kampus, karena pihak kampus tentunya sudah punya formulir dll untuk kelengkapan surat yang diperlukan. Tapi bagi yang tidak, jangan khawatir karena kita bisa ajukan atas inisiatif sendiri.

Biasanya untuk mengajukan lamaran magang kita perlu mempersiapkan dokumen – dokumen seperti : Surat Lamaran Magang, Curriculum Vitae (CV), Transkrip Nilai resmi, Surat Keterangan hingga Surat Rekomendasi dari pihak Dekanat kampus. Namun dibeberapa perusahaan dan instansi seringkali diminta untuk menyerahkan Proposal Magang.

Sebenarnya tidak ada sistematika baku untuk proposal magang ini, isinya disesuaikan dengan kebutuhan pelamar magang. Secara garis besar proposal magang berisi latar belakang atau pendahuluan tentang kegiatan magang, alasan pelamar mengajukan magang : apakah persyaratan kuliah atau inisiatif sendiri; bidang apa yang akan diteliti, mengapa tertarik terhadap bidang tersebut; tujuan magang kerja; metode magang yang akan dijalani untuk memberikan gambaran kepada perusahaan/instansi yang dituju. Sebutkan juga identitas pelamar magang : apakah sendiri atau berkelompok. Dalam proposal magang yang pernah saya buat, selain menyebutkan hal – hal diatas juga melampirkan CV berikut foto diri.

Berkas lamaran tersebut sebaiknya kita sampaikan langsung ke perusahaan/instansi yang dituju, penting untuk menanyakan nomor kontak yang dapat dihubungi. Kalau dikirimkan lewat pos atau kurir, akan sulit untuk follow up karena tidak tahu siapa yang menerima dan bagaimana prosesnya. Akan lebih baik lagi jika punya relasi dengan karyawan disana, maanfaatkan kenalan alumni dsb.

Setelah itu tinggal menunggu panggilan kapan bisa mulai magang, lamanya tergantung kapan perusahaan/instansi tersebut membuka program magang. Saya sarankan untuk memasukkan lamaran magang jauh hari sebelumnya. Dari pengalaman, saya memasukkan lamaran magang sejak bulan April dan baru mulai akhir Juli – Agustus. Karena pelamar magang tentu jumlahnya sangat banyak, tidak ada salahnya rajin follow up agar bisa segera memulai program magang dan didahulukan, gara – gara bagian HRD bosen diteleponin terus..hehe.

Bersambung… “Magang Kerja Yuk Selagi Mahasiswa (part 2)” tentang apa saja yang dikerjakan selama magang? dan laporan akhir magang :mrgreen:

Sumber : https://dunebuggyforsale.org/survivalist-apk/