Pementasan drama memilki unsur-unsur sebagai berikut.

Pementasan drama memilki unsur-unsur sebagai berikut.

Pementasan drama memilki unsur-unsur sebagai berikut.

Pementasan drama memilki unsur-unsur sebagai berikut.
Pementasan drama memilki unsur-unsur sebagai berikut.

1.   cerita

Cerita dalam drama seringkali mengusung  masalah/persoalan kehidupan. Cerita dalam drama disusun dalam bentuk dialog, yang disebut naskah drama atau skenario.

2.   pelaku

Pelaku drama (pemain drama, aktor, atau aktris) adalah pembawa cerita. Merekalah yang membawakan/menyampaikan cerita kepada penonton. Dalam menyampaikan cerita kepada penonton, pelaku memliki dua alat, yaitu dialog (ucapan) dan gerak (perbuatan)

3.   sutradara

Sutradara bertugas menerjemahkan dan mewujudkan isi cerita kepada penonton melalui ucapan dan perbuatan (akting) para pelaku di panggung.

4.   panggung

Panggung merupakan tempat pementasan atau tempat para pelaku mengekspresikan watak tokoh sesuai dengan isi cerita.

5.   penonton

Penonton merupakan penikmat drama. Penonton berfungsi untuk mendukung kelangsungan hidup drama.

C. MENULIS NASKAH DRAMA

Drama adalah ragam sastra dalam bentuk dialog yang dimaksudkan untuk dipertunjukkan di atas pentas. Salah satu komponen yang diperlukan untuk mementaskan sebuah drama adalah  naskah drama. Naskah drama berisi cerita yang disusun dalam bentuk dialog. Naskah drama biasanya mengandung beberapa unsur pokok, seperti pelaku (tokoh), dialog (percakapan), dan keterangan (latar, kostum, aksesoris), serta keterangan lakuan (akting).

Perhatikan contoh kutipan naskah drama berikut!

DAG DIG DUG

(Putu Wijaya)

BABAK I

Sebuah ruang besar yang kosong. Meskipun di tengah-tengah ada sebuah meja marmar kecil tinggi diapit dua kursi antik berkaki tinggi, berlengan membundar, berpantat lebar. Di sini sepasang suami istri pensiunan yang hidup dari uang indekosan menerima kabar seseorang telah meninggal di sana. Dalam surat dijelaskan akan datang utusan yang akan menjelaskan hal tersebut lebih lanjut. Pada hari yang dijanjikan keduanya menunggu.

Masih pagi.

Suami    : Siapa?

Istri         : Lupa lagi?

Suami    : Tadi malam hapal. Siapa?

Istri         : Ingat-ingat dulu!

Suami    : Lupa, bagaimana ingat?

Istri         : Coba, coba! Nanti diberi tahu lupa lagi. Jangan biasakan otak manja.

Suami    : Cha….Chai….Chairul….Ka, Ka…ah sedikit lagi (berusaha mengingat-ingat)

Istri         : (tak sabar) Kairul Umam!

Suami    : Ah? Kairul Umam? Ka? Bukan Cha? Kok lain?

Istri         : Kairul Umam! Kairul Umam! Kairul Umam! Ingat baik-baik!

Suami    : Semalam laim.

Istri         : Kok ngotot!

Suami    : Semalam enak diucapkan, Cha, Cha….begitu. Sekarang kok, Ka, Ka…..siapa?

Istri         : KAIRUL UMAM!

Suami    : Kok Kairul, Cha!

Istri         : Chairul Umam!

Suami    : Semalam rasanya. Jangan-jangan keliru. Coba lihat suratnya lagi.

Istri         : Kok ngotot. Ni lihat. (Menyerahkan surat)

Suami    : (memasang kaca mata, – membaca sambil lalu) ….dengan ini kami kabarkan…ya, jangan terkejut….diluar dugaan, barangkali….kami harap….dengan ini kami kabarkan….ya, jangan terkejut…..diluar dugaan lho….dengan ini kami kabarkan….

Istri         : (mengambil kaca dan mendekatkan mukanya) Ini apa!

Suami    : O, ya! Chairul, Chairul….ini U atau N.

Istri         : U!

Suami    : Ini?

Istri         : M!

Suami    : Ini?

Istri         : A. Ini M!

Suami    : Seperti tulisan dokter.

Istri         : Sekarang siapa yang betul?

Suami    : Jadi betul Chairul Umam, bukan KHA – irul Umam!

Penjelasan:

  1. Paragraf awal menunjukkan keterangan latar (setting), petunjuk panggung, aksesoris, kostum, dan sebagainya. Kadang-kadang ditulis dengan huruf kapital.
  2. Tulisan (kata atau kalimat) yang dicetak miring dan terdapat dalam tanda kurung merupakan keterangan lakuan (akting) untuk diperagakan pelaku.

Baca Juga