Pentingnya Mengajarkan Anak Berpikir Sejak Dini

Pentingnya Mengajarkan Anak Berpikir Sejak Dini

Pentingnya Mengajarkan Anak Berpikir Sejak Dini

Pentingnya Mengajarkan Anak Berpikir Sejak Dini
Pentingnya Mengajarkan Anak Berpikir Sejak Dini

eminar parenting merupakan salah satu program Parenting Club (PC) Sekolah Islam

Terpadu Nurul Fajri. Parenting Club adalah istilah yang digunakan oleh Sekolah Islam Terpadu Nurul Fajri untuk organisasi yang keanggotaannya dari orang tua siswa. Seminar parenting diadakan bertujuan untuk menambah wawasan para orang tua dan warga sekolah dalam memberikan proses pendidikan untuk anaknya atau peserta didik agar menjadi generasi rabbani yang cerdas dan berakhlak mulia.

Seminar parenting yang dilaksanakan pada Sabtu, 26 Oktober 2019 dengan mengundang Ibu Wina Risman,

M.Ed sebagai narasumber. Tema seminar yang diangkat adalah pentingnya mengajarkan anak berpikir sejak dini. Alhamdulillah dengan antusias dari para orang tua dan guru, seminar dihadiri hampir 500 peserta. Proses berpikir pada anak perlu ditumbuhkan sejak dini, dengan pola pikir yang baik diharapkan anak akan mampu mengenali konsep diri dan pada akhirnya anak mampu mengidentifikasi dan memberikan keputusan atau solusi bijak dari permasalahan yang ditemui. Dalam kamus besar bahasa Indonesia berpikir adalah penggunaan akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu. Sedang menurut Drever dalam Khodijah (2006:117) berpikir adalah melatih ide-ide dengan cara yang tepat dan saksama yang dimulai dengan adanya masalah. Jadi dari kedua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa berpikir adalah suatu aktivitas yang melibatkan akal budi untuk menemukan ide-ide dalam mempertimbangkan dan memutuskan masalah.

Untuk menumbuhkan pola pikir anak sejak dini tentunya peran orang tua sangat

diperlukan. Orang tua merupakan madrasah atau pendidik pertama bagi anak-anaknya. Tujuh tahun pertama itulah yang harus dimaksimalkan oleh para orang tua dalam menumbuhkan dan membentuk konsep berpikir anak.

Seperti yang disampaikan oleh Ibu Wina Risman, M.Ed., ada beberapa tips dalam mengajarkan berpikir anak yaitu sebagai berikut ini.

  1. Banyak diskusi tentang segala hal dan sesuaikan dengan usia anak

Kedekatan orang tua dengan anak sangat penting dalam proses pembentukan atau menumbuhkan pola berpikir anak. Memberikan perhatian yang baik akan memudahkan orang tua dalam mengenali sifat dan memberikan kenyamanan untuk anak. Ajak anak untuk berdiskusi dan berikan kesempatan kepada anak un

 

Baca Juga :