Menebak Siapa Decacorn Pertama Indonesia

Menebak Siapa Decacorn Pertama Indonesia

Menebak Siapa Decacorn Pertama Indonesia

Menebak Siapa Decacorn Pertama Indonesia
Menebak Siapa Decacorn Pertama Indonesia

Seiring dengan tumbuhnya ekosistem digital, dalam lima tahun terakhir masyarakat Indonesia

semakin akrab dengan beragam layanan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan rintisan (start up).

Perusahaan rintisan ini merambah ke berbagai bidang, mulai dari e-commerce, financial technology, games, properti, transportasi, pertanian, life style, dan lainnya.

Dari sekian banyak start up, empat diantaranya sudah mengentas menjadi unicorn, yakni perusahaan dengan valuasi lebih dari US$ 1 miliar.

Sejak 2015 hingga kini, terdapat empat perusahaan rintisan yang sudah berpredikat unicorn di Indonesia.

GoJek menjadi start up pertama yang meraih label unicorn, disusul kemudian oleh Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak.

Harus diakui, derasnya kucuran dana kepada para unicoran, menandakan tingginya minat para investor khususnya asing kepada Indonesia.

Selain model bisnis yang menarik dan regulasi yang tak bikin ribet, animo terbesar adalah bonus demografi dan massifnya pembangunan jaringan broadband (3G dan 4G) oleh operator.

Kombinasi kedua hal itu, ditambah meningkatnya populasi generasi milenial yang melek teknologi, menjadikan Indonesia perlahan-lahan bergerak menuju ekosistem ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Prediksi bahwa Indonesia akan menjadi pemain kunci di bisnis digital memang bukan sekedar

isapan jempol. Hal ini terlihat dari laporan e-Conomy SEA 2018 yang dikeluarkan oleh Google dan Temasek.

Kedua perusahaan raksasa itu, memprediksi Indonesia akan menjadi negara dengan nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2025.

Nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mencapai US$ 100 miliar atau setara Rp 1.449 triliun (asumsi kursi Rp 14.4494 per US$ 1) dengan pertumbuhan Compounded Annual Growth Rate (CAGR) tercepat sejak 2015.

Dengan potensi pasar yang besar dan kucuran dana yang terus menerus dari venture capital, diprediksi tak lama lagi Indonesia akan memiliki decacorn.

Decacorn adalah startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar atau setara Rp 147 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.700). Meski memiliki valuasi besar, startup ini masih mencatatkan kerugian.

 

Sumber :

https://www.giantbomb.com/profile/danuaji88/blog/titanium-backup-pro/144598/