ANALISA LEKSIKAL (SCANNER)

ANALISA LEKSIKAL (SCANNER)

ANALISA LEKSIKAL (SCANNER)

ANALISA LEKSIKAL (SCANNER)
ANALISA LEKSIKAL (SCANNER)

Bahasa adalah kumpulan kalimat. Kalimat adalah rangkaian kata. Kata adalah unit terkecil komponen bahasa yang tidak bisa dipisah-pisahkan lagi. Kalimat-kalimat : ‘Seekor kucing  memakan  seekor  tikus.’  dan  ‘Budi  menendang  sebuah  bola.’  adalah  dua  contoh kalimat lengkap Bahasa Indonesia. ‘A cat eats a mouse’ dan ‘Budi kick a ball.’ adalah dua contoh kalimat lengkap Bahasa Inggeris. ‘if a2 < 9.0 then b2 := a2+a3;’ dan ‘for i := start to finish do A[i] := B[i]*sin(i*phi/16.0).’ adalah dua contoh kalimat lengkap dalam Bahasa Pemrograman Pascal. Dalam bahasa pemrograman kalimat lebih dikenal sebagai ekspresi sedangkan kata sebagai token.

Perancangan sebuah bahasa harus memperhatikan tiga aspek berikut :

1.    spesifikasi leksikal, misalnya setiap kata harus tersusun atas huruf mati dan huruf hidup yang disusun bergantian, atau setiap token harus dimulai dengan huruf dan selanjutnya boleh diikuti oleh huruf atau angka.

2.    spesifikasi sintaks, misalnya setiap kalimat mengikuti pola subyek-predikat-obyek atau ekspresi for_do mengikuti pola for-identifier-:=-identifier-to-identifier-do-ekspresi.

3.    aturan-aturan semantik, misalnya kata yang mendahului kata kerja haruslah kata benda yang  menggambarkan  sesuatu  yang  hidup  dan  berkaki,  atau  operasi  perkalian  hanya bisa dilakukan antara dua operan dengan tipe yang sama.

Sumber : https://synthesisters.com/