PERENCANAAN USAHA

PERENCANAAN USAHA

Perencanaan Usaha

Membuka usaha baru tidak barangkali tanpa tersedia konsep sebelumnya. Rencana kudu tersedia betapa pun sederhananya secara tertulis. Namun, wirausaha baru di Negara kami banyak yang tidak berkenan ataupun barangkali tidak mampu atau segan menulis konsep tertulis selanjutnya gara-gara beragam alasan. Perencanaan yang tidak tertulis pasti telah tersedia rekayasa dalam pikiran, yakni suatu rekayasa secara simpel mengenai jawaban berasal dari beragam pertanyaan antara lain, usaha apa yang dapat dibuka, mengapa memilih usaha tersebut, di mana lokasinya, siapa konsumennya, darimana sumber modal, dsb.

Tampaknya wirausaha baru layaknya ini cenderung jalankan kesibukan trial plus error atau coba-coba. Seandainya gagal mereka dapat berubah ke usaha yang lain. Model layaknya ini banyak dijumpai dalam penduduk usaha kita.

Seorang pengusaha yang tidak mampu membawa dampak rencana sesungguhnya merencanakan kegagalan. Ungkapan ini benar, berasal dari hasil pengamatan para pemilik perusahaan kecil yang menyisihkan pas untuk mengkaji semua strateginya, menggunakan informasi untuk menguji kebenaran pendapatnya, dan lumayan pandai mengenali kekurangan-kekurangan dirinya adalah pengusaha yang tidak mengalami kegagalan.

Sekecil apa pun bisnis, kudu dengan rencana yang dipercayai membawa keberhasilan, perhatikan penjaja teh, penjaja nasi pecel, penjaja es dll, semua usaha menggunakan rencana berasal dari beragam sebagian segi bisnis. Perbedaan dengan usaha yang besar terdapat terhadap tingkat kerumitan terhadap tiap aspek.
Suatu konsep kerja yang dibuat tertulis dan resmi kegunaan menjalankan perusahaan (business plan) merupakan perangkat pas untuk memegang kendali perusahaan dan menjaga sehingga fokus usaha perusahaan tidak menyimpang.

Baca Juga :