Tips melakukan pembelian piano bekas

Tips melakukan pembelian piano bekas

Sebelum anda memilih dan melakukan pembelian alat musik piano terutama piano bekas atau second jenis piano akustik sepeti grand piano atau upright piano, maka anda harus mengerjakan pengecekan terlebih dahulu. Berikut caranya, biar anda tidak salah beli.

1. Perhatikan suaranya
Karakter suara piano yang nyaring dan keras ialah salah satu yang mesti anda perhatikan, sebab itulah yang terbaik dan sangat dicari. Kamu mesti mencobanya terlebih dahulu dengan memainkan sejumlah lagu, baik lagu yang lembut maupun keras, maka anda akan memahami kualitas suara piano itu apakah masih bagus atau tidak.

2. Periksa semua badan piano
Kamu mesti mengecek bagaimana situasi dari badan atau body piano tersebut. Kalau terdapat lecet-lecet dampak pemakaian, sebenarnya tersebut masih wajar. Kamu sebetulnya harus curiga bila cat di body piano masih paling bagus mulus laksana baru, karena dapat jadi piano tersebut sudah direkondisi atau di cat ulang. Dalam jangka waktu sangat lama tiga bulan cat tersebut seringkali akan mengelupas.

3. Lakukan pemeriksaan soundboard
Soundboard ialah kayu yang terdapat di belakang piano yang seratnya lurus. Soundboard sangat urgen keadaanya untuk suatu piano dan paling menilai karakter suara piano itu bagus pantas pakai atau tidak. Coba periksa apakah kondisinya masih bagus atau telah keropos atau lapuk.

4. Periksa mekanik piano
Saat anda membuka topboard jajaki cek apakah hammer atau pemukul piano rata atau tidak. Mekanik yang baik ialah terlihat rata tidak terdapat hammer yang menonjol terbit dari deretan hammer. Kalau tidak rata maka akan memprovokasi kualitas suara.

5. Cek kesetabilan dari tuts
Coba tekan tuts satu persatu terdapat yang macet atau tidak. Cara menekannya dengan secara bergantian dengan jari tangan berlangsung di atas tuts piano. Bila satu jari tangan berlangsung memaikan tuts piano tersebut, berarti piano dalam situasi bagus dan kebalikannya bila jari tidak berlangsung diatas tuts piano, tuts piano tersebuat tidak pantas untuk dipakai.

Sumber : http://m.simplepie.org/?feed=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id