Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

pengertian manajemen

Pemahaman manajemen – Setiap organisasi atau perusahaan memiliki berbagai masalah untuk dipecahkan. Masalah yang sangat langka dengan organisasi atau perusahaan dapat meningkat atau mengarah pada penghancuran organisasi dan perusahaan.

Oleh karena itu, perencanaan suatu organisasi atau perusahaan yang akan bekerja sesuai dengan tujuan strategis adalah tempat manajemen diperlukan, sehingga visi manajemen harus dikenal sebagai tujuan dan sasaran.

Manajer suatu organisasi atau perusahaan memainkan peran penting dalam mengelola kesehatan organisasi atau perusahaan agar dapat berjalan dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya. Inilah mengapa manajemen sangat penting bagi suatu organisasi atau perusahaan.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang manajemen, silakan merujuk ke yang berikut untuk membahas manajemen seperti pemahaman, fungsi, level, tujuan, elemen, jenis, tujuan, dan masalah manajemen lainnya.

Definisi Manajemen Umum

Apa artinya dirawat? Singkatnya, manajemen memiliki arti kontrol, mengelola proses yang paling penting untuk mengendalikan sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok individu atau organisasi dalam mencapai tujuan organisasi atau bisnis dengan bekerja bersama untuk menggunakan sumber daya yang dikelola.

Singkatnya, kata manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno, yaitu manajemen, yang merupakan seni perencanaan dan realisasi. Manajemen juga didefinisikan sebagai upaya untuk merencanakan, mengatur, mengatur dan mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Berhasil mencapai tujuan dengan menjadi terorganisir dan efisien dalam menyelesaikan tugas secara profesional dan tertib.

Menurut T. Hani Handoko, ada tiga alasan utama mengapa manajemen dibutuhkan. Dengan cara berikut:

  • Manajemen diperlukan untuk tujuan organisasi atau perusahaan.
  • Manajemen juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan sebagai tujuan, sasaran, dan tugas, yang bertentangan dengan kepentingan bagi organisasi.
  • Manajemen diperlukan untuk mencapai efisiensi organisasi dan efisiensi organisasi.
    Dalam organisasi yang dikembangkan harus dikelola, misalnya; termasuk manajemen strategis, manajemen sumber daya manusia, produksi, pemasaran dan manajemen lainnya

Memahami manajemen menurut para ahli

Beberapa pakar manajemen bahkan telah menjelaskan apa artinya mengelola. Kita bisa menjadikan pendapat para ahli ini sebagai dasar dari pemahaman sederhana tentang ilmu manajemen. Definisi manajemen menurut ahli adalah sebagai berikut:

1. Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet, penguasaan adalah seni menyelesaikan tugas melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertanggung jawab untuk mengelola dan membimbing orang lain dalam mencapai tujuan dalam organisasi / kelompok.

2. George R. Terry

Menurut George Robert Terry, manajemen kesadaran adalah proses umum dengan beberapa aspek seperti; perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan pemantauan.

Semua tindakan diambil untuk menemukan dan mencapai tujuan yang direncanakan atau diharapkan yang harus dicapai atau direncanakan melalui sumber daya, termasuk sumber daya pihak ketiga dan sumber daya lainnya.

3. Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, mengelola proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pengelolaan atau pengelolaan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

4. Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, komunikasi dan pengelolaan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

5. Lawrence A. Appley

Menurut Lawrence A. Appley, manajemen adalah keterampilan yang memiliki individu atau kelompok yang menggerakkan orang lain menuju suatu tugas.

6. Oey Liang Lee

Menurut Oey Liang Lee, manajemen adalah ilmu ketika mempelajari beberapa hal seperti: perencanaan, pengorganisasian, pengintegrasian, pengarahan dan pengendalian sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan strategis.

7. Hilman

Menurut Hilman, manajemen adalah fungsi untuk mencapai tujuan melalui individu atau kelompok lain dan mempertimbangkan semua upaya yang dilakukan oleh individu untuk mencapai tujuan bersama.

8. Dr. Ahuja

Menurut dr. Ahujae, manajer adalah mereka yang menyediakan atau menyediakan layanan di bidang yang terkait dengan manajemen.

9. Renville Siagian

Menurut Renville Siagian, manajemen perusahaan dilakukan dalam layanan dan dikelola oleh profesional yang berkualitas dan berpengalaman.

10. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A.

Menurut dr. Bennett N.B Silalahi, M.A., manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari elemen sosial tertentu dan bukan keamanan pekerjaan atau tanggung jawab kesehatan dari perspektif tetap.

11. James A.F.Stoner

Menurut James A. F. Stoner, mengelola proses perencanaan, pengorganisasian, membimbing dan mengendalikan upaya anggota organisasi atau kelompok dan menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang dimaksud.

Sumber : https://ilmubelajar.com

Baca Juga :