Minat Pendidikan Di Papua Semakin Tinggi

Minat Pendidikan Di Papua Semakin Tinggi

Minat Pendidikan Di Papua Semakin Tinggi

Minat Pendidikan Di Papua Semakin Tinggi
Minat Pendidikan Di Papua Semakin Tinggi

Animo anak-anak asli Papua semakin meningkat dari tahun ke tahun

. Daya tampung Universitas Cenderawasih setiap tahun 3.000 mahasiswa, sementara yang mendaftar mencapai tiga kali lipat.”

Demikian diungkapkan Rektor Universitas Cenderawasih, Onesimus Sahuleka saat ditemui di Gedung Rektorat Universitas Cenderawasih Selasa (19/4).
Menurut Sahuleka, memang masyarakat Papua rindu dengan pendidikan tinggi berkualitas. Maka tak heran, minat untuk masuk perguruan tinggi negeri juga semakin meningkat. “Jadi memang anak-anak Papua rindu sekali dan ingin mengecap pendidikan tinggi,” ujarnya.

Sebanyak 80 persen dari mahasiswa yang diterima tersebut berasal dari Papua

dan Papua Barat. Sisanya dari daerah lain di Tanah Air.
Sayangnya, sambung Sahuleka, hal tersebut tidak diimbangi dengan sarana prasarana, serta ketersediaan dosen. Jumlah mahasiswa di Universitas Cenderawasih yang terdiri atas sembilan fakultas mencapai 15.000 orang, sementara jumlah dosen hanya 612.
“Jumlah tersebut jauh dari kata ideal. Idealnya rasio dosen dan mahasiswa untuk dosen sosial 1:35, sementara untuk dosen sains 1:30,” ujar dia.
Salah satu cara untuk mengatasi kekurangan dosen adalah dengan kontrak dosen yang berasal dari universitas lain di Tanah Air. Pihak universitas mengaku tidak bisa merekrut profesional melalui jalur Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) karena tidak mampu menggaji dosen.

“Saat ini Universitas Cenderawasih masih tergolong satker, anggarannya kecil.

Dosen dari luar yang mengajar di universitas hanya dgaji Rp 276.000 per semester. Dengan kondisi tersebut, mana ada profesional yang mau mengajar di sini,” katanya.
Oleh karena itu, Sahuleka meminta ada kebijakan khusus yang diperuntukkan bagi Universitas Cenderawasih. “Misalnya, kalau jumlah dosen untuk daerah lain yang diterima itu 40, maka untuk Papua harus dua kali lipatnya,” ujar dia. (Red, KI)

 

Baca Juga :