Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah

Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah

Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah

Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah
Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah

Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Kurikulum Pendidikan Dasar

Menurut PP No.28 Tahun 1990 Bab IV menegnai Kurikulum Pasal 14
(1) Isi kurikulum pendidikan dasar merupakan susunan bahan kajian dan pelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan dasar.
(2) Isi kurikulum pendidikan dasar wajib memuat sekurang-kurangnya bahan kajian dan pelajaran:
a. pendidikan Pancasila;
b. pendidikan agama;
c. pendidikan kewarganegaraan;
b. bahasa Indonesia;
c. membaca dan menulis;
d. matematika (termasuk berhitung);
e. pengantar sains dan teknologi;
f. ilmu bumi;
g. sejarah nasional dan sejarah umum;
h. kerajinan tangan dan kesenian;
i. pendidikan jasmani dan kesehatan;
j. menggambar;
k. bahasa Inggris.

Satuan pendidikan dasar

Dapat menambah mata pelajaran sesuai dengan keadaan lingkungan dan ciri khas satuan pendidikan yang bersangkutan dengan tidak mengurangi kurikulum yang berlaku secara nasional dan tidak menyimpang dari tujuan pendidikan nasional.
(4) Satuan pendidikan dasar dapat menjabarkan dan menambah bahan kajian dari mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan setempat.

Kurikulum Pendidikan menengah

Menurut PP No. 29 Tahun 1990 Bab VII pasal 15
(1) Isi kurikulum pendidikan menengah merupakan susunan bahan kajian dan pelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan menengah dalam rangka upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional.
(2) Isi kurikulum pendidikan menengah wajib memuat bahan kajian dan mata pelajaran tentang :

(3) Pelaksanaan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) diatur oleh Menteri.
(4) Kurikulum pendidikan menengah yang berlaku secara nasional ditetapkan oleh Menteri atau Menteri lain berdasarkan pelimpahan wewenang dari Menteri.
(5) Sekolah menengah dapat menjabarkan dan menambah mata pelajaran sesuai dengan keadaan lingkungan dan ciri khas sekolah menengah yang bersangkutan dengan tidak mengurangi kurikulum yang berlaku secara nasional.
(6) Sekolah menengah dapat menjabarkan dan menambah bahan kajian dari mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan setempat.

(7) Pelaksanaan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) khusus tentang pendidikan agama diatur oleh Menteri setelah mendengar pertimbangan Menteri Agama.
(8) Pelaksanaan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2), ayat (4) dan ayat (5) diatur oleh Menteri.

Kurikulum adalah

seperangakat rencana dan penagaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pemebelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan menengah.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Menengah adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di satuan pendidikan menengah.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Menengah (KTSP) mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BNSP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah.

Sumber : https://kidblog.org/class/kelas-biologi-online/posts/7he7ner6kijj0sdxh8pca05bc?fbclid