Tampilan baru Daihatsu Ayla 1,2 R

Gambar yang muncul di benak ketika berbicara tentang Daihatsu Ayla tentu tidak jauh dari Low Cost Green Car LCGC. Ekonomis, kecil dan pilar kaum urban. Apa yang terjadi jika ada seseorang yang menganggur di pusat penelitian dan pengembangan Daihatsu dan berkata, “Ayo pergi turbo, mari kita pergi!”

Daihatsu Ayla 1.2 R dengan transmisi manual

Rupanya, itulah yang terjadi. Anehnya, bukan hanya bicara tetapi dibuat dengan keseluruhan bisnis yang patut diacungi jempol. Dengan asumsi basis Daihatsu Ayla 1.2 R dengan transmisi manual, tim yang dipimpin oleh Sony Satriya, koordinator eksekutif Desain & Teknik Astra Daihatsu Motor, menghasilkan Ayla Turbo dengan tenaga 200 hp, torsi 242 Nm.

Pertama kali diperkenalkan pada GIIAS 2018 lalu. Pertanyaan saat itu adalah: “Bisakah mesin ini bekerja?” Astra Daihatsu Motor (ADM) kemudian mengundang kami ke pusat penelitian mereka di Karawang, Jawa Barat. “Untuk menunjukkan bahwa Ayla Turbo bukan hanya mobil pameran,” kata Amelia Chandra, direktur pemasaran ADM.
Buat mobil baru

Sony Satriya kemudian menjelaskan apa yang telah berubah. Jujur, kami cukup terkejut, karena itu seperti membuat mobil baru. Bukan hanya modifikasi kepala papas, jadi pasang saluran pembuangan yang berisik. Untuk mencapai 200 PS, para insinyur Daihatsu merombak mesin asupan 1,2 liter Ayla untuk memuat injektor bensin lain per silinder. Jadi Ayla Turbo memiliki delapan injektor. Jadi, dia memasangkan turbocharger buatan Garret.

Meskipun tidak dijelaskan apa yang terjadi pada sistem VVT-i ganda, tetapi dari dua hal ini perubahan lain terjadi. Kompresi mesin diturunkan menggunakan piston kompresi rendah, batang penghubung (stang piston) diganti dengan yang lebih kuat. Selain itu, intercooler dipasang untuk membantu kinerja turbo. Akhirnya, ECU sedikit dimodifikasi dan ditambahkan ke perangkat piggyback.

Perubahan juga menembus transmisi dengan menggunakan kopling tunggal yang lebih kaku, serta menaikkan gigi final dari 0,860 menjadi 0,915 untuk mengejar kecepatan maksimum. Sementara untuk menghentikan langkah, Daihatsu mengubah rem belakang yang telah dimasukkan ke dalam disk. Anehnya, rem depan dilengkapi dengan empat piston dan dibuat oleh Brembo.
Potong beratnya

Tubuh tidak terhindar dari perubahan. Mark Widjaja, desainer Ayla, memiliki bagian dalam bagian ini. Yang bertahan di bagian depan, lampu dan DRL. Grid sedikit dimodifikasi dan terlihat lebih besar dari standar.

Bumper berpadu dengan body kit, asupan udara di kedua sudut, untuk mendinginkan rem. Fender depan dan belakang lebih lebar untuk mengakomodasi ban semi-slick yang juga lebar.

Di dalam, jangan berharap menemukan unit utama atau airbag. Pelapis, trim pintu dan fasilitas lainnya dihilangkan dengan mengubah perangkat mobil balap. Mulai dari roll-bar, kursi anatomi, tabung pemadam api, roda balap dengan fungsi rilis cepat, untuk panel instrumen digital yang sangat mudah dibaca. Kaca samping diganti dengan bahan polikarbonat, yang selain ringan juga kuat.

Perubahan ini, membuat Ayla R lebih ringan. Tetapi Sony tidak menyebutkan berapa berat yang dipotong. Perkiraan kami, jika berat standar Ayla R adalah 880 kg, tampaknya Ayla Turbo lebih rendah atau mendekati bobot Ayla D (770 kg). “Selain itu, kami memperkuat titik koneksi tubuh yang berbeda untuk mengimbangi kinerja,” kata Sony.

Selengkapnya ada di : daihatsu bandar jaya

Sementara ditanya mengapa interiornya seperti mobil balap, “Perubahan ini mengikuti aturan mobil balap yang dikeluarkan oleh IMI,” kata Sony Satriya. Tetapi dia menolak bahwa Daihatsu akan turun untuk berlari. “Ini hanya untuk menunjukkan bahwa kita dapat membuat mobil seperti ini.”
panduan

Sayangnya, karena hanya ada satu mobil, untuk mengurangi risiko orang hanya bisa duduk di kursi penumpang. Tetapi di sisi ini, diperkirakan bahwa ini adalah “monster mini” yang siap untuk menghancurkan Honda City atau Toyota Vios (standar).

Kekuatan Entakan terasa seketika ketika pedal gas dikeluarkan. Menurut Daihatsu, akselerasi dari 0 hingga 100 km / jam dapat dicapai hanya dalam 10,3 detik. Efek torsi kemudi (kemudi satu arah saat akselerasi) tampaknya tidak ada. Sirkuit suspensi gaya otomotif sangat terasa. Sulit tetapi mobil ini sangat stabil dan patuh, dikendalikan di semua tingkatan.

Dari sesi singkat itu, kami harus mengatakan bahwa Daihatsu Ayla Turbo melebihi harapan kami. Kerja bagus, Astra Daihatsu Motor. Namun, proyek Ayla Turbo sekali lagi, hanya untuk memamerkan kemampuan penelitian dan pengembangan Astra Daihatsu Motor. Jadi, jangan berharap bisa membeli atau memesan. Tetapi bagi mereka yang