Pindah Aplikasi ke Sd Card pada android

Lupa untuk memindahkan file atau memindahkan aplikasi ke kartu SD adalah salah satu masalah yang sering ditemui pengguna ponsel, mengakibatkan kurangnya memori penyimpanan internal. Ketika ikon bulat kecil muncul tiba-tiba di layar dan ketika dibuka, isinya adalah peringatan “ruang memori hampir habis”.

Anda akan mulai merasa tidak nyaman karena telepon mulai melambat dan Anda tidak dapat menginstal aplikasi atau game lain. Dampak lainnya, tidak mungkin menyimpan foto dan video termasuk penerimaan foto dan video dari WhatsApp.

Gunakan MicroSD

MicroSD adalah solusi utama saat menggunakan perangkat elektronik dalam bentuk smartphone. Meskipun saat ini banyak ponsel yang menawarkan memori internal yang besar, masalah memori penyimpanan sering kali muncul.

Untungnya, hampir semua ponsel yang beredar saat ini telah menyediakan slot memori eksternal, yang tentu saja berfungsi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan sehingga pengguna dapat menyimpan lebih banyak file di ponsel mereka.

Dengan mengisi memori tambahan yang biasanya berupa microSD, Anda bisa lebih puas dengan menyimpan file dari foto dan video ke aplikasi dan game. Biasanya untuk file foto dan video, Anda dapat langsung memilih lokasi penyimpanan saat membuat pengaturan pertama sehingga ketika Anda mengambil foto atau merekam video, mereka secara otomatis disimpan langsung ke kartu memori.

Pada Android versi 6.0 Anda dapat memilih untuk menjadikan SDcard ruang penyimpanan default untuk aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda. Jika ternyata aplikasi tersebut dapat disimpan di kartu memori, jika dipasang secara otomatis itu akan disimpan di kartu memori.

Pindah Aplikasi ke Sd Card pada android

Tetapi untuk versi Android di bawah ini, memori default hanya dapat dipilih untuk menyimpan foto dan video dari kamera ponsel dan bukan untuk aplikasi.

Tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memori eksternal, Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi yang tidak dapat dipindahkan dan yang dapat dipindahkan ke kartu SD. Namun, jika semua aplikasi ‘dapat dilepas’ dapat dipindahkan secara otomatis, ruang penyimpanan internal ponsel akan lebih besar dan dapat digunakan untuk menginstal aplikasi penting lainnya.

Aplikasi default dari ponsel hampir seluruhnya tidak bergerak dan pada kenyataannya harus diberi posisi khusus dalam memori internal karena tidak diperbolehkan untuk memindahkannya. Adapun aplikasi tambahan, seperti game, aplikasi media sosial, toko online dan layanan online lainnya, ada yang bisa dipindahkan, yang lain tidak.

memindahkan aplikasi ke kartu sd

Aplikasi yang dipindahkan tidak dapat dijalankan ketika kartu memori dilepas. Ikon menu aplikasi yang dimaksud akan tampak kosong dengan teks SD yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut disimpan dalam memori eksternal.

selengkapnya di : https://www.carageo.com

Sebenarnya cara memindahkan aplikasi ke kartu SD cukup sederhana. Syarat utama jelas bahwa Anda harus memasukkan kartu memori pada ponsel Anda. Anda dapat membeli kartu memori sesuai kebutuhan dan berdasarkan kapasitas yang diizinkan oleh ponsel yang bersangkutan. Harga kartu memori sekarang juga sangat terjangkau dan banyak dijual di toko-toko sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan lebih mudah.
Pindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa root

Untuk memindahkan aplikasi atau game dari memori internal ke kartu SD dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:

Buka pengaturan atau menu pengaturan
Pilih Aplikasi atau Manajer Aplikasi dan lihat daftar aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda.
Untuk Android mulai dari versi 5.0, daftar kartu SD disediakan khusus di mana aplikasi yang dapat dipindahkan secara otomatis masuk daftar dengan kotak centang di sebelahnya.
Jika sudah dicek, berarti aplikasi sudah berhasil dipindahkan
Jika tidak, pilih tab “Pindahkan ke kartu SD” di bagian bawah halaman aplikasi dan aplikasi akan pindah ke kartu SD.
Selama transfer ini tidak mungkin untuk mengeluarkan kartu SD karena proses transfer akan gagal.

Untuk ponsel Android dengan versi yang lebih lama dan yang tidak menunjukkan aplikasi mana yang dapat disimpan pada kartu SD dan yang tidak, aplikasi harus dibuka satu per satu.