Manfaat belajar filsafat

Manfaat belajar filsafat

Menurut Harold H. Titus, filsafat adalah upaya untuk memahami alam semesta, maknanya dan nilainya.
Oemar A. Hosein berkata: Sains memberi kita pengetahuan dan filsafat memberikan kebijaksanaan. Filsafat memberi kepuasan pada hasrat manusia akan pengetahuan yang dibuang secara tertib, kebenaran.

S. Takdir Alisyahbana menulis dalam bukunya: Sebuah panduan untuk filsafat metafisika, filsafat dapat memberikan ketenangan pikiran dan kedewasaan hati, bahkan dalam menghadapi kematian.
Radhakrishnan dalam bukunya, History of Philosophy menyatakan: Tugas filsafat bukan hanya untuk mencerminkan semangat zaman di mana kita hidup, tetapi untuk membimbingnya ke depan. Fungsi filsafat adalah kreatif, menerapkan nilai-nilai, menerapkan tujuan, menentukan arah, dan membimbing jalan baru.

Berbeda dengan pendapat Soemadi Soejabrata, yaitu studi filsafat adalah untuk mengasah pikiran, H. De Vos berpendapat bahwa filsafat tidak hanya cukup dikenal, tetapi harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan filsafat adalah menemukan hakikat kebenaran sesuatu, baik dalam logika (kebenaran pikiran), etika (perilaku) maupun metafisika (esensi keaslian).
Manfaat mempelajari filsafat berbeda-beda.

Namun setidaknya ada 4 jenis manfaat, yaitu:

1. Untuk dilatih untuk berpikir serius
2. Untuk dapat memahami filsafat
3. Menjadi filosofi
4. Menjadi warga negara yang baik

Filsafat berusaha menemukan kebenaran tentang segala sesuatu menggunakan pemikiran serius. Plato ingin kepala negara menjadi seorang filsuf. Filosofi pembelajaran adalah bentuk pelatihan untuk mendapatkan kemampuan menyelesaikan masalah dengan serius, menemukan akar masalah yang paling dalam, menemukan penyebab utama dari penampilan.
Dengan uraian di atas jelas bagi kita bahwa manfaat nyata dari studi filsafat adalah:

1. Filsafat membantu mendidik,
2. Filsafat memberikan kebiasaan dan kecerdasan untuk melihat dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
3. Filsafat menawarkan visi yang luas
4. Filsafat adalah latihan untuk berpikir sendiri
5. Filsafat memberikan dasar, dasar bagi kehidupan kita (terutama dalam etika) dan untuk ilmu pengetahuan dan lainnya, seperti sosiologi, psikologi, ilmu pendidikan dan sebagainya.

baca juga :