Sejarah dan Type Kertas Foto

Ukuran foto

Gambar adalah gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi lainnya. Alasan mengapa gambar digunakan oleh manusia adalah untuk mengabadikan momen. Jika mereka tidak ditangkap dalam bentuk foto, benda, makhluk, atau fenomena akan dikonsumsi dari waktu ke waktu. Selain itu, banyak orang dapat mengedit foto, tetapi Anda juga dapat menggunakan foto sebagai bukti kuat.

Sejarah Foto

Sejarah fotografi (ilmu fotografi) dimulai pada SM. Pada abad ke 5 SM, seorang pria bernama Mo Ti mengamati gejalanya. Artinya, jika ada lubang kecil di dinding ruang gelap, bagian dalam ruang mencerminkan tampilan luar ruangan.

Mo Ti adalah orang yang pertama kali menemukan fenomena kekaburan kamera.

Nama kamera obscura diciptakan oleh Johannes Kepler pada tahun 1611. Ia membuat desain kamera portabel dengan membuatnya seperti tenda. Ada ruangan yang sangat gelap di dalam tenda, hanya ada cahaya kecil yang ditangkap oleh lensa yang membentuk gambar keadaan di luar tenda di atas kertas.

Penelitian terus berlanjut. Pada 18 Agustus 1939, seseorang bernama Louis Jacques Mande Daguerre menjadi gambar permanen pada orang pertama yang mengambil gambar sebenarnya, yaitu plat tembaga. Proses ini disebut daguerreotype. Sebelumnya, ia ingin mematenkan penemuannya, tetapi pemerintah Prancis disarankan untuk dibagikan secara gratis di seluruh dunia.

Kemajuan teknologi juga mempercepat kemajuan foto. Saat ini kamera dan alat untuk mengambil gambar beragam dengan hasil tangkapan berkualitas tinggi. Di antara kamera-kamera tersebut adalah kamera saku, refleks lensa tunggal digital, kamera jembatan, kamera tanpa cermin, kamera digital, kamera pengintai, CCTV, kamera ponsel cerdas, dan sebagainya.

Jenis kertas foto

1. Matte

Kertas foto jenis buram ini memiliki penampilan yang halus namun mengkilap di permukaan. Jenis kertas ini sangat baik dalam tekstur pencetakan. Selanjutnya, sidik jari tidak terlihat dalam tulisan ini. Dalam gambar klasik hitam dan putih, makalah ini sangat bagus. Materi sering digunakan oleh fotografer profesional karena dalam beberapa keadaan memiliki kualitas yang sangat baik.
Berkilau

Seperti namanya, jenis kertas ini adalah jenis kertas yang mengkilap dan reflektif. Kualitas jenis kertas foto ini adalah buah dengan warna-warna cerah. Selain memberikan saturasi yang cerah, kertas jenis ini tidak menghasilkan tampilan bertekstur seperti kertas jenis matt sehingga tidak akan menghasilkan tampilan bertekstur saat dikonversi ke format digital.

Jenis kertas ini memiliki beberapa kelemahan. Permukaan jenis kertas fotografi ini cenderung menempel pada kaca dengan bingkai. Bahkan kertas mengkilap dapat tergores sambil meninggalkan sidik jari ketiga menyentuhnya. Biasanya, foto yang menggunakan jenis kertas ini adalah gambar sehari-hari dan warna-warna cerah.

. Glossy

Jenis kertas ini memberikan saturasi yang lebih dalam dibandingkan dengan kertas matte. Hasil kertas foto Lustre yang diaplikasikan memiliki beberapa lapisan yang bersinar dengan tekstur seperti mutiara. Keuntungan dari jenis kertas ini adalah untuk mencegah sidik jari ketiga menyentuh dan untuk menampilkan foto berkualitas tinggi untuk ditampilkan pada bingkai dinding.

Metalik

Jenis kertas terakhir terbuat dari logam. Kualitas kertas jenis ini sangat kuat. Selain itu, hasil yang diberikan juga mengkilap, berkesan dan metalik seperti logam. Kertas metalik cocok untuk dicoba bagi orang yang memiliki daya tahan cukup tinggi dan menyukai gambar dengan kualitas baik.

Baca Juga  :