Energi Kinetik, Potensial Mekanik dan Rumus

Energi Kinetik, Potensial Mekanik dan Rumus

Energi kinetik, energi potensial, dan energi mekanik adalah jenis energi yang sebagian besar hadir di setiap bagian kehidupan manusia. Keberadaannya tidak dapat dikesampingkan karena sangat besar untuk pengembangan teknologi manusia, terutama pergerakan benda, posisi benda, atau hal-hal yang berkaitan dengan kombinasi keduanya.

Energi sangat unik untuk setiap aktivitas dalam kehidupan. Secara singkat, energi dapat diartikan sebagai kemampuan sesuatu untuk melakukan bisnis. Suatu benda dikatakan memiliki energi ketika ia mampu menghasilkan kekuatan yang dapat dilakukan oleh suatu benda.

Konsep energi

Energi diperlukan untuk hampir semua aktivitas manusia. Mulai dari mendorong meja, mencapai aktivitas melakukan sepak bola, melempar barang, bermain bulu tangkis. Tidak hanya satu jenis energi yang akan dilepaskan tetapi juga beberapa jenis energi dalam satu aktivitas.

Ada beberapa macam energi. Beberapa di antaranya adalah energi kinetik, energi potensial, dan energi mekanik. Ketiga jenis energi ini berkaitan erat dengan aktivitas sehari-hari.
Energi fisik
Energi kinetik, energi potensial, dan energi mekanik
Energi kinetik, energi potensial, dan energi mekanik

Definisi energi kinetik

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu objek, karena gerakan atau pengalaman yang dilakukan. Kata-kata kinetik berasal dari bahasa Yunani kinetikos. Karena itu, semua ponsel harus memiliki energi kinetik. Energi kinetik juga disebut energi kinetik.

Energi kinetik dipengaruhi oleh massa dan kecepatan benda yang bergerak. Massa diwakili oleh huruf m dan kecepatan diwakili oleh huruf v. Jumlah energi berbanding lurus dengan massa dan kecepatan objek saat bergerak.

Benda dengan massa dan kecepatan besar harus memiliki energi kinetik tinggi saat bergerak. Demikian juga, benda dengan massa dan kecepatan kecil, dan energi kinetik juga kecil.

Contoh energi kinetik adalah ketika seseorang memukul bulu dalam permainan bulu tangkis dengan tujuan terbang ke arah yang lain. Contoh lain adalah ketika Anda melempar batu. Batu yang dilemparkan bergerak dengan kecepatan konstan, dan energi diberikan olehnya. Ketika batu ini mengenai target Anda akan melihat energi.

Formula energi kinetik

Energi kinetik dipengaruhi oleh massa (m) dan kecepatan (v) objek. Ketika suatu benda bermassa m bergerak dengan kecepatan v, dapat dikatakan bahwa benda tersebut memiliki energi kinetik berikut.

Ek = 1/2. mv 2

Sumber : https://laelitm.com/