Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

lari pagi

Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

1. Olahraga pagi dapat meningkatkan kecerdasan otak
Keuntungan utama latihan pagi adalah mampu membantu tingkat kecerdasan otak. Penelitian yang dilakukan oleh Nihon Fukushi University di Handa, Jepang, mengungkapkan bahwa olahraga pagi dapat mempengaruhi kecerdasan otak kita. Mereka mengungkapkan bahwa orang yang berlatih secara teratur di pagi hari memiliki kecerdasan yang tinggi.
Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan. Mereka mempelajari 7 orang muda dan sehat, dan kemudian 7 orang diminta untuk berlari selama 30 menit, yang dilakukan 3 kali seminggu, latihan dilakukan sampai minggu ke-12 atau sekitar 4 bulan. Sebelum menjalankan latihan rutin, mereka diminta untuk melakukan tes komputerisasi.

2. Olahraga pagi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh
Berolahraga di pagi hari, kita bisa merasakan hangatnya sinar matahari pagi yang kita tahu memiliki vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang, baik untuk sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari di dalam tubuh diubah menjadi antibodi yang berguna untuk penangkal. Waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari pagi adalah sebelum jam 9 pagi.

3. Latihan pagi mengurangi sakit kepala
Apakah Anda termasuk orang yang sering mengalami sakit kepala atau pusing? Jika demikian, tidak ada salahnya untuk mulai terbiasa dengan latihan pagi. Karena hasilnya dengan latihan itu dapat membantu kita menghilangkan onset rasa sakit.
Penelitian terbaru menemukan bahwa sakit kepala atau pusing terjadi karena terlalu banyak tidur. Karena neurotransmitter (sistem saraf) otak akan terganggu jika kita tidur terlalu lama. Selanjutnya, yang terjadi adalah peningkatan serotonin hormon yang dapat menyebabkan pusing di kepala. Dengan olahraga pagi, Anda dapat menyesuaikan intensitas tidur, dengan tidur yang cukup dan tidak berlebihan sehingga membantu kita menghindari sakit kepala.

4. Mencegah penyakit Alzheimer
Sebuah penelitian di University of South Carolina menemukan bahwa latihan di treadmill dan jogging di pagi hari dapat meningkatkan kekuatan otak dan membuat otot lebih tahan terhadap kelelahan, yang juga membantu mencegah penyakit Alzheimer.

 5. Olahraga pagi menyehatkan hati
Berolahraga dapat mempengaruhi aktivitas jantung. Dengan peningkatan hormon adrenal selama latihan pagi, jantung bisa berdetak lebih cepat, ini baik untuk menjaga fungsi jantung.
tetapi jika Anda termasuk orang-orang yang memiliki penyakit jantung, Anda perlu berbicara dengan dokter Anda tentang latihan pagi, karena studi ini juga menunjukkan bahwa aktivitas detak jantung dapat menyebabkan nyeri dada.

6. Olahraga pagi memperlambat penuaan
Berolahraga, metabolisme tubuh kita akan meningkat. Pertumbuhan sel-sel baru akan lebih cepat dan sel-sel lama akan mati dengan gerakan yang kita lakukan selama latihan. Oleh karena itu, para ahli percaya bahwa dengan berolahraga mereka membantu kita mengganti sel-sel lama kita untuk segera diganti dengan sel-sel baru.

7. Hindari risiko obesitas
Manfaat olahraga secara umum tentu untuk mencegah kegemukan. Ada penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 yang mengukur bagaimana tubuh wanita setelah latihan di pagi hari. Penelitian ini melibatkan 35 sampel dengan 17 sampel yang termasuk dalam tubuh ideal dan 18 sampel yang mengalami obesitas.
Kemudian mereka diminta untuk berjalan cepat sekitar 45 menit. Setelah selesai melakukannya, ternyata mereka yang berlatih tidak merasa enak ketika mereka memperlihatkan foto makanan yang menarik dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.
Studi lain yang dilakukan oleh Lara Carlson, PhD, di American College of Sports Medicine, yang menemukan bahwa selama latihan pagi, tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang dapat mengurangi nafsu makan.

8. Bersemangat sepanjang hari
Menghabiskan hari-hari dengan antusias sangat menyenangkan, bukan? Berolahraga di pagi hari kita akan melepaskan hormon yang membuat kita merasa bahagia, seperti endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan energi kita, kondisi ini dapat berlangsung dari pagi hingga malam selama kegiatan kita.

9. Hindari stres
Kurang berolahraga membuat kita enggan bergerak. Ketika Anda bekerja, Anda akan merasa lelah dengan mudah

Baca Juga :