Rumus Kimia Buffer Asam dan Contoh Soal

buffer asam

Rumus Kimia Buffer Asam – Kali ini kita akan berbagi bahan kimia yang berkaitan dengan asam lemah dan formula buffer basis lemah. Tahukah Anda bahwa istilah Buffer memiliki arti yang sama dengan solusi buffer dalam kimia atau kadang-kadang juga disebut larutan buffer.

Rumus Kimia Buffer Asam

Penyangga atau larutan ini mengandung campuran asam lemah dan basa konjugat, atau sebaliknya. Variasi pH larutan ini sangat kecil, ketika asam kuat atau basa ditambahkan, dalam jumlah kecil atau sedang, ke larutan buffer. Oleh karena itu, solusi ini berguna untuk mencegah perubahan pH larutan. Buffer digunakan untuk mempertahankan pH pada nilai tertentu dalam berbagai aplikasi kimia.
Formula penyangga dari asam basa lemah
Formula penyangga dari asam basa lemah

Memahami Buffer
Definisi larutan buffer atau buffer atau larutan buffer adalah larutan yang dibentuk oleh reaksi asam lemah dengan basa konjugasinya atau basa lemah dengan asam terkonjugasinya.

Komponen penyangga

Asam lemah dengan basa konjugasinya (garam) Contoh: HCOOH dengan HCOO- (basa terkonjugasi) atau HCOONa (garam).
Basa lemah dengan asam terkonjugasi (garam) Contoh: NH4OH dengan NH4- atau NH4Cl (garam), (NH4) 2SO4 (garam).
Acid + Base: bisa menjadi buffer dengan kondisi “WEAK” harus “CANCEL”. Jadi, misalnya, ketika asam lemah dicampur dengan basa kuat, yang tersisa adalah asam lemah. Dengan cara yang sama, apa yang terjadi pada basis, jika basa lemah dicampur dengan asam kuat, yang tertinggal adalah basa lemah.

Contoh masalah dan resolusi
1) Dua solusi dicampur, mis. 50 mL 0,1 M NaOH dan 50 mL CH3COOH 0,2 M. Tentukan apakah campuran membentuk larutan buffer atau tidak!

menjawab:

Langkah pertama:

Pertama-tama tentukan jumlah dermaga dengan mengalikan volume dan molaritasnya:

50 mL 0,1 M NaOH
Jumlah mol = 50 x 0,1 = 5 mmol

50 mL CH3COOH 0,2 M
Jumlah mol = 50 x 0,2 = 10 mmol

sumber : https://rumus.co.id