Cina Memasang Chip Mata-mata di Perangkat Apple

Cina Memasang Chip Mata-mata di Perangkat Apple

Kisah eksplosif mengutarakan tuduhan bahwa militer Cina menanamkan chip kecil ke dalam server, yang masuk ke pusat data yang dioperasikan oleh banyak perusahaan besar AS layaknya Apple.

Dilansir berasal dari halaman Bloomberg, Kami meliput berita sebelumnya, termasuk penolakan oleh Apple, Amazon dan Supermicro – pembuat server yang dilaporkan ditargetkan oleh pemerintah Cina. Apple diketahui tidak menanggapi isu yang tengah ramai di perbincangkan masyarakat ini.

Sedangkan Amazon menyebutkan dalam posting blognya bahwa “menggunakan standar keamanan yang ketat di seluruh rantai pasokan prosesor kami.”

FBI termasuk tidak berkomentar, dan Kantor untuk Direktur Intelijen Nasional Amerika menolak berkomentar. Jika ini benar adanya, maka banyak sekali data Info rahasia atau data yang amat sensitif, akan diketahui oleh pihak Cina.

Tujuan Cina menanam chip mata-mata, menurut sumber berasal dari pemerintah AS, adalah membuka akses jangka panjang untuk beroleh properti intelektual, rahasia perusahaan, sekaligus membobol jaringan pemerintah AS, bukan untuk mengambil data pelanggan umum.

Selain Apple dan Amazon, tersedia banyak perusahaan AS lain yang dikira turut menjadi korban bersama dengan memakai board komputer yang ditanami chip mata-mata. Jumlahnya diperkirakan capai 30 perusahaan.

Baca Juga :